Menelisik Sisi Lain Kehidupan Setiadjit

  • Bagikan
Setiadjit: Sekretaris DPRD Bangkalan

Isi Waktu Kosong Jadi Makelar Jual-Beli Barang

Kabarmadura.id/Bangkalan-Menjadi seorang pejabat pemerintahan tidak lantas membuat seseorang menanggalkan potensi yang dimiliki. Hal itu yang saat ini terus dirawat oleh Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan Setiadjit.

Selain sibuk sebagai aparatur pemerintahan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan, Setiadjit tak lantas menanggalkan potensi diri dalam berdagang. Pria yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris DPRD Bangkalan itu, juga memiliki kesibukan sampingan sebagai makelar jual-beli barang, khususnya kendaraan mobil dan motor.

Pekerjaan tersebut diambilnya untuk mengisi waktu luang selama tidak berkantor. Setiadjit sendiri mengungkapkan, pekerjaan sampingan ini dilakukan jika ada pesanan, sehingga dirinya hanya mengambil pekerjaan tersebut jika ada pesanan saja.

“Kalau saya sejak dulu itu senang jadi makelar. Tapi sejak jadi camat saya berhenti karena kesibukan. Nah, sekarang saya jalani lagi, tapi jika ada pesanan, kalau tidak ya tidak cari. Saya hanya mencarikan untuk pesanan mobil dan motor saja,” terangnya, Minggu (22/9).

Setiadjit mengaku, sudah aktif melakukan pekerjaan sampingan itu sejak sebelum dirinya berada di dunia birokrasi. Hingga pada tahun 1984, Setiadjit mulai meniti karir di dunia pemerintahan. Saat itu dirinya ditempatkan di Inspektorat.

Namun karena saat kuliah, Setiadjit mengambil jurusan hukum, akhirnya Setiadjit dipindahkan menjadi Kepala Bagian (Kabag) Hukum Pemkab Bangkalan. Namun sayangnya, dirinya hanya seumur jagung menjadi kabag hukum, sebab, selang 40 hari menjabat di bagian hukum, dirinya ditarik ke Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bangkalan.

“Saat bupatinya pak Fuad saya dikembalikan lagi ke kabag hukum. Sebelum Suramadu dulu saya juga pernah ditempatkan di kecamatan sebagai Camat Kamal, tapi cuma satu tahun,” paparnya.

Baca juga  SDM Dibenahi, Mahasiswa dan Karyawan Dijamin Asuransi

Tidak lama menjabat sebagai Camat Kamal, dirinya ditarik menjadi Kabag Humas Protokol Setkab Bangkalan, tetapi posisi itu juga tidak lama dijalaninya, Setiadjit dikembalikan lagi menjadi camat sebagai Camat Klampis kurang lebih selama 3 tahun.

Dari berbagai posisi yang ditempati di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bangkalan, baik di posisi camat, kabag hukum, kabag humas protokol dan berada di di Bapenda dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Bangkalan, dirinya mengungkapkan jabatan yang paling berkesan adalah sebagai camat.

“Kalau dibilang saya lebih enerjik di camat. Tapi saya berharap tetap disini, sebentar lagi kan pensiun. Satu setengah tahun lagi lah pensiun,” terangnya.

Setiadjit menutup cerita sebagian perjalan hidupnya dari perjuangan tentang keluarganya. Sejak dari kecil, dirinya menceritakan bahwa dibesarkan di keluarga yang sudah bergelut di dunia birokrasi pemerintahan.

Setiadjit mengatakan, ayahnya sudah ditempatkan di bagian kecamatan. Sejak itulah Setiadjit tertarik dengan pemerintahan, hingga akhirnya saat ini dirinya menempati Sekretariat DPRD Bangkalan.

“Mengenai hobi, saya suka main tenis bola. Paling kegiatan saya di luar ini olahraga ya paling cuma itu (jadi makelar, red) kegiatannya,” tandasnya. (ina/pin)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan