Menelisik Sosok Moh. Fauzan, Anggota DPRD Sampang yang Aktif di Dunia Politik Sejak Usia 19 Tahun

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) GIGIH: Politisi muda PAN Sampang, Moh. Fauzan bersama dengan keluarga.

KABARMADURA.ID – Tidak semua orang berani terjun ke dunia politik praktis sejak usia belia. Seperti halnya Moh. Fauzan, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang yang memberanikan diri masuk dunia politik praktis di usianya yang baru menginjak sembilan belas tahun.

FATHOR RAHMAN, SAMPANG

Bacaan Lainnya

            Ia bercerita, sejak lulus dari Pesantren Al-Amien Prenduan, ia direkrut oleh Partai Amanat Nasional sebagai kader pada tahun 2007. Dua tahun kemudian, ia memberanikan diri untuk mencalonkan diri mendaftar pada kontestasi pemilihan legislatif (pileg) sebagai calon DPRD Sampang. Namun, saat itu, ia gagal sebab usianya belum memenuhi persyaratan.

“Saya lulus dari pondok langsung direkrut Partai Amanat Nasional (PAN). Saya coba mendaftar tapi belum cukup umur,” katanya.

Kegagalan di awal karirnya sebagai politisi itu tidak menyurutkan semangatnya. Justru, semangatnya terus membara untuk berproses sebagai politisi ulung. Ia menjadi tim sukses (timses) pemenangan anggota salah satu calon anggota DPR RI bernama Ruba’ie. Bahkan, berkat kinerjanya yang optimal, ia dihadiahi sepeda motor.

Setelah itu, ia mengaku sempat vakum sebagai anggota partai. Sekitar sembilan tahunan ia tidak melibatkan diri dalam politik praktis. Baru pada tahun 2018, ia kembali aktif di Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PAN.

“Saya vakum lama. Tapi Saya kembali ke partai pada tahun 2018 di partai yang sama.. Meskipun banyak tawaran dari beberapa partai, bagi saya, PAN adalah rumah saya, ” ujarnya..

 

Pada tahun 2019, Fauzan mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Sampang. Saat itu, ia berhasil sebagai pendatang baru di parlemen. Ia memperoleh suara terbanyak se-Jawa Timur untuk tingkat DPRD di internal PAN. Suara yang diperolehnya sebanyak 12 ribu lebih.

Kemudian, pada tahun 2021, ia dipercaya sebagai Sekretaris DPD PAN Sampang. “Pada pencalonan, saya diberi posisi nomor urut 1. Tahun ini dipercaya sebagai sekretaris. Saya berterima kasih untuk PAN, ” imbuhnya.

 

Reporter: Fathor Rahman

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *