Menengok Kegiatan Sanggar Tinkerbeel di Desa Bansare, Gelar Latihan Tari hingga Produksi Produk Kreatif

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ Eko Benny Widarman for KM) PRODUKTIF: Sangar Tinkerbell konsisten menggelar latihan di bidang kesenian dan memproduksi beragam produk kreatif,

KABARMADURA.ID – Aktivitas Sanggar Tinkerbell ini membawa dampak positif bagi warga sekitar. Sanggar yang berlokasi di Dusun Banasare Barat, Desa Banasare, Kecamatan Rubaru, Sumenep ini cukup konsisten dalam menggelar latihan kesenian dan memproduksi produk kesenian. 

RAZIN, SUMENEP

Jumlah anggota yang tergabung dalam sanggar tersebut sebanyak 60 orang. Terdiri dari 40 laki-laki dan 20 perempuan. Salah satu pembina Sanggar Tinketbell Eko Benny Widarman menuturkan, setiap Minggu pagi, sanggarnya rutin menggelar latihan tari dan teater. Selain itu,  setiap Minggu sore latihan proses kreatif sastra. 

Kemudian dilanjutkan, setiap malam Rabu latihan rutin gamelan atau karawitan. Latihan itu sebagai bentuk kepedulian dalam mempertahankan musik tradisional yang peminatnya mulai berkurang.

“Setiap malam Minggu latihan musik Tongtong (perkusi) dan Topeng Dalang. Demikian aktivitas kami, tapi masih ada lain,” kata Beni, sapaan akrabnya, Minggu, (19/9/2021).

Selain aktif di bidang kesenian, sanggar tersebut juga memproduksi blangkon dan odheng dengan sistem industri rumahan Termasuk juga melayani pembuatan alat musik tradisional.
Terkait omzet yang diperoleh, ia tidak menyebutkan secara spesifik. Sebab, selama pandemi Covid-19, ia mengaku hampir tidak ada produksi sebab minimnya pemesanan. “Pemasukannya gak tentu, tergantung hasil orderan,” imbuhnya.

REDAKTUR: Muhammad Aufal Fresky

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *