Menengok Kiprah Komunitas Elisha Rajut, Wadahi dan Berdayakan Ibu Rumah Tangga di Sumenep

(FOTO: KM/MOH RAZIN) KREATIF: Salah satu hasil karya anggota Elisha Rajut dipamerkan di salah satu acara.

KABARMADURA.ID | Saat ini, perempuan tidak hanya bisa berperan di ranah domestik rumah tangga. Tetapi, bisa juga aktif di lingkungan eksternal. Seperti halnya beberapa perempuan yang tergabung dalam komunitas bernama Elisha Rajut.

MOH RAZIN, SUMENEP

Selain memberdayakan perempuan, komunitas tersebut juga menjadi wadah berbagi wawasan, ilmu, dan keterampilan mengenai dalam bidang kerajinan tangan. Selain itu, komunitas tersebut juga wadah mempererat silaturahmi.  

Ketua Elisha Rajut Endang Lilis mengatakan, komunitas yang sudah menampung hampir 10 orang itu saling memasarkan barangnya sesama anggota. Tidak hanya itu, mereka juga aktif mempromosikan dan menjual ke rumah-rumah warga.

“Dengan adanya komunitas rajut di Sumenep, kita bisa berbagi ilmu rajutan dan membantu memasarkan hasil rajutan,” kata Endang.

Ia juga mengungkapkan, Elisha Rajut juga menjadi tempat bagi ibu-ibu rumah tangga untuk meningkatkan kreativitasnya di bidang rajut. Sebab menurutnya, dalam meningkatkan kemampuan, bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Selain itu, sebagai sarana memanfaatkan waktu agar lebih produktif.

Sebagai rumah berproses bersama, Elisha Rajut kerap kali menjadikan anggotanya sebagai pemateri. Sebab, ada anggota yang mahir dalam merancang dan memodifikasi baju dan kerudung. Endang juga berharap, ada anggotanya yang menjadi penggerak yang mampu memberikan kontribusi. Caranya yaitu dengan bekerja sama dengan pemilik wisata di Sumenep.

“Harapannya, kepada para pengrajin rajut di Sumenep yaitu agar bergabung di komunitas untuk kelangsungan bisnis di  masa depan. Jika telaten, maka mahal harga penjualannya,” paparnya.

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Tinggalkan Balasan