Mengecawakan, Serapan Anggaran Rendah

  • Whatsapp
Dewan Kecewa 

Kabarmadura.id/Sampang-Kinerja Pemerintah Kabupatan (Pemkab) Sampang dalam merealisasikan program kerja menuai sorotan dari Dewan Perwakilan Rakayat Daerah (DPRD) setempat. Pasalnya, hingga memasuki triwulan ke tiga, serapan anggaran 2019 sangat rendah. Banyak program kerja eksekitif yang belum dilaksanakan.

Ketua DPRD Sampang Juhari mengaku kecewa dengan kinerja dan keseriusan pemkab melaksanakan pekerjaan fisik dan non fisik. Kata dia, sampai saat ini serapan anggaran sangat jauh dari harapan.

Semestinya, pada bulan ketujuh itu, progres pelaksanaan kegiatan sudah mencapai 50 persen. Akan tetapi, Pemkab Sampang lemah dalam merealisasikan program, sehingga mayoritas pekerjaan harus dikebut diakhir tahun.

“Sampai sekarang, kami belum menerima laporan rilnya, namun jika melihat realitas di lapangan sangat tidak maksimal, kemungkinan realisasi anggaran masih 10 persen,”ujarnya politisi PKB itu.

Ia membeberkan, beberapa hari terakhir, legislatif melakukan pemanggilan terhadap sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dengan tujuan menanyakan terkait progres pekerjaan. Alhasil, hampir semua OPD serapannya sangat rendah.

Pekerjaan yang harus melalui lelang, mayoritas OPD beralasan kesulitan dalam proses perencanaannya. Sementara untuk pelaksanaan kegiatan yang melalui penunjukan langsung (PL) juga belum ada kejelasan terkait progresnya.

“Untuk pekerjaan proyek fisik melalui lelang mayoritas terkendala di tahap perencanaan, sedangkan yang menunggu perintah sampai saat ini belum terjawab,”ungkapnya.

Pria asal Kecamatan Tambelangan itu, meminta pemkab lebih serius merealisasikan semua pekerjaan tersebut, pihaknya tidak ingin ketika diakhir tahun masih sisa pembiayaan anggaran (Silpa) banyak, lantaran pekerjaan tidak terlaksana secara maksimal.

Di sisi lain, pihaknya mendasak, semua pekerjaan tersebut segera direalisasiakan agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat. Mengingat keberadaan Anggaraan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) itu harus dikelola untuk kesejahteraan masyarakat Sampang.

“Kami harap, semua program dan pekerjaan tahun ini segera direalisasikan, jangan mepet tutup tahun, harus disegerkan, karena demi kepentingan masyarakat,”harapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Sampang Suhartini Kaptiati belum bisa dimintai keterangan terkait progres realisasi anggaran tahun ini. Saat di datangi ke kantornya, yang bersangkutan sedang di lauar kantor, bahkan saat di hubungi melalui telepon pribadinya tidak direspon.

Saat Kabar Madura, mencoba menghubungi melalui telepon pribadi Kabib Pendapatan BPPKAD Sampang M. Zurqoni juga tidak merespon, ketika didatangi ke kantornya yang bersangkutan tidak sudi dimintai keterangan. “Kalau mau konfirmasi, langsung ke Kaban saja mas, saya tidak berani memberikan keterangan di media,” singkatnya. (sub/rei)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *