oleh

Mengenal Kadinsos Sumenep, Mohammad Iksan, ASN yang Dibesarkan NU dan PMII 

Kabarmadura.id/Sumenep-Sukses menjadi aparatur sipil negara (ASN), merupakan cita-cita Mohammad Iksan. Sejak kecil, motivasi menjadi ASN selama ini adalah ingin senantiasa mengabdi pada negara serta masyarakat.

Salah satu kesuksesan yang diraih, berkat bergelut di dunia Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Nahdatul Ulama’ (NU) dan organisasi kemahasiswaan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Tentunya, juga dukungan kedua orang tua.

IMAM MAHDI, SUMENEP

Pria kelahiran Sidoarjo, 16 Juli 1968 ini, di usia mudanya terdidik dari dunia organisasi. Sebab, organisasi merupakan langkah utama menjadi hidup bermasyarakat, pandai membantu orang yang sedang kesulitan, serta semua ilmu dapat diraih di dunia organisasi, utamanya organisasi NU dan PMII yang pernah digelutinya.

Pria yang saat ini menjabat sebagai kepala Dinas Sosial Sumenep ini, mempunyai visi misi yang besar, utamanya dari sektor kesejahteraan masyarakat. Yakni, memang mendambakan, agar pengelolaan bantuan yang ditunjukkan pada keluarga pra sejahtera menjadi tepat sasaran, tepat waktu, tepat harga, tepat kualitas, dan tepat administrasi.

“Bantuan yang disalurkan pada masyarakat bisa sesuai pada yang visi misinya,” katanya, Kamis (16/1/2020).

Iksan meniti karir di ASN sejak lulus kuliah. Sebab, dirinya merupakan mahasiwa pilihan mendapatkan Beasiswa Ikatan Dinas atau Tunjangan ikatan dinas (TID). Motivasinya, ingin mengabdikan pada seluruh keilmuan yang ada dimasyarakat.

Sejak itulah, dirinya mengawali karier di Sumenep sejak tahun 1999 menjadi tenaga guru di SMK I Kalianget Sumenep hingga tahun 2011, sekaligus menjadi dosen di STKI PGRI Sumenep 2003 hingga 2009.

Berkat ketekunannya di organisasi, dia juga mempunyai integritas untuk memajukan NU.  Pada tahun 2004, sempat mendirikan SMA Nahdatul Ulama’ (NU) Sumenep serta menjadi pengelola sampai tahun 2010.

Pada tahun 2006 hingga 2016, pria yang ulet tersebut juga medirikan SMA Plus Miftahul Ulum Tarate Sumenep dan menjadi kepala sekolah. Bukan hanya itu, dia juga mendirikan SMP NU pada waktu menjabat sebagai LP Ma’arif pada tahun 2014. Tahun 2015-2020 menjadi wakil Tanfidiyah NU.

“Saya selalu berpegang teguh pada ajaran NU, apa yang disampaiakan KH. Hasyim As ari, Gus Dur, terus dibaca dan dianalisis. Gus Dur ketika berbuat diupayakan orang lain tidak tahu. Saya juga berupaya untuk mengerjakan ajarn tersebut. Kalau orang lain tahu itu mengerjakannya Itu karena ketahuannya karena kinerja yang bagus. Ajaran itu dipelajari sejak bergelut di NU,” tegas dia

Selain organisasi, Iksan juga tidak melupakan pendidikan formal yang menjadi ilmu yang bersifat akademisi.

“Organisasi dan akdimisi sama-sama penting, dan keduanya saya jalani dengan penuh kesabaran,” ujarnya.

Suami dari Dewi Ambarwati ini dikaruniai tiga buah hati, antara lain Mohammad Alfin Wisnu Wardana, saat ini berstatus mahasiswa semester 8 di Unesa Surabaya, Eksanti Amalia Kusuma Wardani, saat ini bersatus mahasiswa semester 4 UGM. Satu putranya lagi telah dipanggil Yang Kuasa.

Ayahnya bernama Almarhum Mohammad Amin, hanya sebagai perdagang sayur dan ibunya almarhum Rumani seorang ibu rumah tangga.

“Selain dibesarkan di organiasi, saya juga penurut pada kedua orang tua utamnya bu saya yang mendidik menjadi orang yang selalu berguna untuk masyarakat yang mulai sejak kecil diajarkan adalah khairunnas anfa uhum linnnas, yang dijadikan prinsip hidup,” paparnya. (waw)

PENDIDIKAN

SDN Taman Sidoarjo lulus lulus tahun 1982

SMP Negeri Taman Sidoarjo lulus tahun 1985

SMA Wahid Hasyim II Sidoarjo lulus tahun 1988

S1 di IKIP Surabaya lulus lulus tahun 1996

S2 UGM Yogyakarta lulus tahun 2002

S3 (dalam proses)

PENGALAMAN ORGANISASI

IPNU, Taman, Sidoarjo tahun 1988

Ketua PAC IPNU Kecamatan Taman 1988

PMII Komisariat IKIP Surabaya tahun 1990

Pengurus Senat FT IKIP Surabaya tahun 1992

Ketua I Senat mahasiswa IKIP Surabaya tahun 1993.

PENGABDIAN

Pengelola SMA Nahdatul Ulama’ (NU) Sumenep pada tahun 2004-2010.

Medirikan dan kepala SMA Plus Miftahul Ulum Tarate Sumenep pada tahun 2006-2016

Pengurus LP Ma’arif pada tahun 2014.

Wakil Tanfidiyah PCNU Sumenep tahun 2015-2020.

PEKERJAAN

Guru SMK I Kalianget Sumenep

Dosen Fakultas Teknik Universitas Wiraraja Sumenep

Dosen di STKI PGRI Sumenep 2003 hingga 2009

JABATAN

Kajur pendidikan matematika STKI PGRI Sumenep

PD II STKI PGRI Sumenep Tahun 2010 hingga 2014

PD I STKI PGRI Sumenep tahun 2014 hingga 2018

Staf Bidang Dikmen Disdik Sumenep tahun 2011 hingga 2013

Kasi sarana dan prasarana Disdik Sumenep tahun 2013 hingga 2017

Kabid SMP Disdik Sumenep tahun 2017 hingga 2018

Kabid pemuda dan olahraga Disprbudpora Sumenep tahun 2018-2019.

Kepala Dinas Sosial Sumenep tahun 2020

 

Komentar

News Feed