Mengenal Sosok Penuh Disiplin Sugiono Eksantoso

  • Whatsapp
GAGAH : Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Sumenep Sugiono Eksantoso saat ditemui di kantornya, kemarin.

Kabarmadura.id-Menikmati kesuksesan akan mudah dirasakan, akan tetapi, mencapai sebuah kesuksesan belum tentu mudah dilalui semua orang. Bagi Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Sumenep Sugiono Eksantoso, kesuksesan hanya bisa didapatkan oleh setiap orang yang berpegang teguh pada kedisiplinan sepanjang waktu.

IMAM MAHDI, SUMENEP

Sukses adalah sebuah kata yang sulit dicapai oleh setiap orang, akan tetapi tidak demikian bagi Sugiono Eksantoso. Kedisiplinan adalah kunci yang terus terpatri dalam jiwa pria yang saat ini sukses meniti karir sebagai Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Sumenep tersebut.

Meski saat ini sudah menikmati hasil dari jeri payah mempertahankan kedisplinan. Namun dirinya tetap menjadikan disiplin sebagai prinsip dalam dalam setiap sendi kehidupan.  Dengan demikian, setiap masa sulit yang dialami oleh Sugiono (sapaan akrabnya), selalu bisa dilewati dengan senyum di akhir kesulitan tersebut.

Baginya, kedisiplinan merupakan bentuk komitmen yang harus terus dibangun dengan setiap orang. Di samping itu, kegigihan belajar, akhlak yang baik, hormat kepada kedua orang tua, guru dan orang yang berjasa dalam kehidupannya, merupakan hal yang tak pernah luput dari kesehariannya.

Lahir dari keluarga berlatar belakang tentara, pria kelahiran Situbondo 10 Maret 1966 ini menceritakan, dirinya sudah diajarkan untuk terus berdisiplin dalam hal apapun. Tak pelak, bapak dari tiga orang anak ini, terus menjadikan kedisiplinan sebagai kunci sukses.

Kendati sudah bergelimang kesuksesa, pria yang menghabiskan masa pendidikan Sekolah Dasar (SD) hingga sekolah menengah di Situbondo ini, tak lantas mengesampingkan pendidikan. Terbukti, di tengah kesibukannya sebagai seorang pejabat, dirinya tetap melanjutkan pendidikan hingga strata tiga (S-3).

“Insyaallah tahun depan bakal lulus S3 mas,” kata alumnus Universitas Negeri Jember 1989 itu, (3/10)

Berkat ketekunannya dalam menjaga kedisiplinan, karir Sugiono terbilang cemerlang. Memulai karir sebagai guru SD sejak 1989 hingga 2010, karir Sugiono terus melejit, setelah menjadi guru selama hampir 21 tahun, pada 2010 hingga 2016 dirinya mendapat amanah menjadi Pengawas Pendidikan Menengah (Dikmen) Situbondo.

Kemudian setelah itu, tepatnya pada 2017 -2018 dirinya menjadi Kepala Cabang Dinas Lumajang. Baru setelah itu, yakni pada tahun 2018 hingga saat ini, dirinya menjabat sebagai Kepala Cabang Dinas Provinsi Jatim Wilayah Sumenep.

“Itu berkat do’a kedua orang tua dan orang-orang disekitar, saya bisa menjadi pejabat di pendidikan,” imbuhnya.

Sebelum aktif sebagai pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan Jawa Timur, dirinya sempat menjadi aktivis. Semasa jadi mahasiswa, dirinya sempat aktid menjadi aktivis GMNI, PMII, Ansor.

Kemudian di luar kehidupan mahasiswa, dirinya sempat aktif sebagai Ketua LSM pada tahun 2010 sampai saat ini dirinya menjadi Ketua PKPM Kabupaten Situbondo dan Forum Solidaritas Masyarakat Pendidikan yang selalu eksis menyuarakan kepentingan pendidikan. (pin)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *