oleh

Meningkat 1,26 Persen, IPM Sampang Belum Penuhi Target

Kabarmadura.id/Sampang-Kabupaten Sampang sudah terlepas dari status tertinggal. Namun demikian, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di wilayah itu belum mencapai target yang ditentukan. Saat ini, peningkatan IPM kabupaten berjuluk Kota Bahari itu, hanya mampu menyentuh 1,26 dari angka 1,34 yang ditentukan oleh pemerintah.

Kepala Seksi (Kasi) Nerwilis Badan Pusat Statistik (BPS) Arif Suroso menyampaikan, IPM di Kabupaten Sampang sudah mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Namun pihaknya mengakui,  kenaikan tersebut belum mencapai target yang ditentukan.

Selain itu dirinya menyampaikan, komponen IPM rata-rata sekolah sebelumnya berada di 11, 76. Saat ini mengalami kenaikan mencapai 12,18.  Dirinya mengungkapkan, untuk hitungan sementara, IPM Sampang pada tahun 2018 berada di angka 61,9. Sementara pada tahun 2019 berada di 62,16, atau ada kemajuan 1,26.

“IPM dari setiap komponen ada kemajuan, namun untuk pengangguran dan berhenti sekolah belum kami ketahui, insya allah pertengahan Februari bisa diketahui,” katanya, Selasa (14/1/2020).

Lanjut dia, adapun pendidikan yang masuk hitungan tersebut, yakni pendidikan formal yang memiliki kurikulum dan dibuktikan dengan ijazah.

Kendati demikian, pihaknya mengungkapkan, tingkat pendidikan di Kabupaten Sampang masih didominasi pendidikan agama, namun hal itu tidak dibuktikan dengan legalitas berupa ijazah.

“Kalau hanya melek huruf sudah tidak menjadi indikator kami untuk perhitungan, karena dilihat dari segi melek huruf semuanya bisa,” tutupnya (km49/pin)

Komentar

News Feed