Menjalani Kehamilan dan Persalinan dengan Sehat

  • Whatsapp

Peresensi         : Ratnani Latifah. Penulis dan penikmat buku asal Jepara

Bagi pasangan pasutri hadirnya buah hati, merupakan anugera Tuhan yang paling ditunggu dan dinantikan. Karena kehadiran buah hati, akan menjadi salah satu pelengkap dalam mahligai rumah tangga yang sedang dibangun. Namun sebagai pasangan baru, tentu saja kadang kita akan dihadapi berbagai perasaan was-was dan khawatir. Karena kita belum memiliki pengalaman dan masih sangat awam dengan berbagai hal perihal kehamilan hingga proses persalinan.  Buku ini menjawab segala kegundahan yang dirasakan oleh para pasangan pasturi.  Buku ini membahas secara menyeluruh tentang kehamilan dan persalinan, yang dilengkapi dengan lebih dari 500 ilustrasi dan infografis.

Ketika kita ingin segera memiliki momongan, sangat dianjurkan bagi kita untuk mengurangi beberapa hal, di antaranya adalah merokok.  Penelitian membuktikan adanya kenaikan frekuensi jantung janin segera setelah ibu janin tersebut merokok. Rokok akan meningkatkan terjadinya abortus atau keguguran, kerusakan plasenta, janin tumbuh lambat yang berakibat berat badan bayi yang rendah, dan meningkatnya kelainan dan abnormalitas pada janin. Sedangkan bagi pria, rokok dapat mengakibatkan kualitas sperma yang jelek dan jumlah sperma yang sedikit. Selain merokok, kita juga harus mengurangi mengkonsumsi kafein (kopi), tidak mengonsumsi alkohol dan banyak lagi (hal 4-5).

Agar kandungan kita sehat, sangat dianjurkan sebelum atau ketika hamil kita mengonsumsi asam folat. Banyak penelitian terbaru menunjukkan bahwa pemberian suplemen (asam folat) pada ibu sebelum dan pada awal kehamilan dapat mencegah lebih dari 50 persen angka kejadian NTDs (Neural Tube Defects) atau dikenal juga dengan cacat tabung saraf (hal 11).

Selain dua hal tersebut masih banyak berbagai hal yang dijelaskan penulis secara terperinci tentang persiapan-persiapan yang kita butuhkan ketika ingin memiliki momongan. Misalnya menghitung masa subur, mengapa belum juga hamil dan banyak lagi.

Kemudian, akan dipaparkan juga  tentang tanda-tanda kehamilan—baik itu baru kemungkinan atau pun tanda secara pasti dan akurat. Buku ini menunjukkan berbagai pengetahuan yang jarang dipaparkan dalam buku-buku lain yang bertema serupa. Bahkan di sini penulis juga menjabarkan pertumbuhan  dan perkembangan bayi dari awal hingga siap untuk lahir, lalu gaya hidup sehat selama kehamilan, masalah seksualitas selama hamil dan banyak lagi.

Misalnya tentang gaya hidup sehat. “Memutuskan untuk hamil berarti memutuskan untuk memulai gaya hidup sehat. Pola makan sehat dan kepedulian terhadap janin akan memberikan hasil yang maksimal pada kehamilan.” (hal131).

Di sini penulis menganjurkan agar para calon ibu lebih banyak mengonsumsi asam folat yang bermanfaat mencegah kecacatan tabung saraf bawah, lalu kalsium—yang ternyata sangat diperlukan bagi pembentukan tulang janin, zat besi berguna dalam pembentukan darah sehingg kita akan terhindar dari anemia saat hamil, protein yang bermanfaat sebagai zat pembangun (hal 132-133).

Lalu kita dianjurkan untuk menghindari makanan laut yang mengandung merkuri tinggi, seperti seafood—ikan pedang, hiau, makarel dan kerang-kerangan—karena kadar merkuri tinggi bisa mengakibatkan kerusakan pada sistem saraf bayi. Ada pula bahan makan mentah, karena dalam ikan mentah, daging mentah dan telur mentah, terdapat organisme yang jahat dan berbahaya bagi kesehatan janin.

Secara keseluruhan, buku ini sangat menarik dan patut dibaca oleh para calon ibu dan ayah. Melalui buku ini berbagai pengetahuan dan wawasan bisa kita petik  untuk bekal dalam upaya memperoleh buah hati. Kita juga bisa membedakan antara fakta dan mitos tentang masalah kehamilan. Tidak hanya itu membaca buku ini secara tidak langsung juga akan menguatkan mental—mengingat semua proses kehamilan dipaparkan dengan lugas, apa adanya dan akurat—siap menyambut datangnya anggota keluarga baru meski dengan taruhan nyawa.

Srobyong, 23 November 2019

Judul               : Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat

Penulis             : dr. Irfan Rahmatullah, Sp.OG & dr. Nurcholid Umam Kurniawan, M.Sc. Sp.A

Penerbit           : Gramedia Pustaka Utama

Terbit               : Juni 2019

Tebal               : 306 halaman

ISBN               : 978-602-06-3063-2

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *