oleh

Menjelang Porprov Jatim ke-VII, Ratusan Atlet di Sampang Dites Kemampuan

KABARMADURA.ID, SAMPANG-Menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VII tahun 2022, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sampang menggelar tes kemampuan atlet masing-masing cabang olahraga (cabor) setempat.

Dari 18 cabor terdapat 167 atlet yang mengikuti tes kemampuan. Hal itu dilakukan karena KONI Sampang mengirim atlet di Porprov Jatim tersebut bukan sebagai calon peserta, melainkan calon juara.

Ketua KONI Sampang, Abdul Wasik mengatakan, tes kemampuan para atlet di kabupaten berjuluk Kota Bahari itu merupakan langkah awal untuk mengetahui kualitas para atlet  masing-masing cabor.  Tentu saja sebagai persiapan menyongsong Porprov Jatim VII yang diselenggarakan di Jember.

Dikatakannya, setelah mengetahui kemampuan atlet, ia mengaku bisa diukur ruang lingkup para atlet ketika mengikuti even yang lebih tinggi. Sehingga, untuk lebih dimaksimalkan test kemampuannya, dilanjut tahap berikutnya setelah hari raya untuk masuk ke persiapan pra Porprov Jatim VII 2022.

“Kami tes kemampuan para atlet ini dalam pekan Proprov Jatim VII. Nanti, pada persiapan pra Porprov insya Allah pertengahan Agustus dengan porsi lebih ketat, karena kami akan memberangkatkan calon juara bukan calon peserta,” ungkapnya.

Namun, saat disinggung berapa atlet yang akan diberangkatkan pada Porprov Jatim 2022, dirinya mengaku belum mengetahui. Karena, masih proses peningkatan kualitas masing-masing atlet.

Selain itu, pihaknya meminta semua pelatih masing-masing cabor untuk memaksimalkan latihan atlet. Selain itu, pihak cabor harus punya target capain dari tahu ke tahun. Dengan target tersebut segala keinginan akan tercapai.

“Pengukuran kemampuan atlet ini dilakukan secara profesional dan tidak boleh ada intervensi dari pihak manapun,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Sampang, Marnilem menyampaikan, tes kemampuan atlet ini memang harus dilakukan untuk mencapai target yang ditentukan. Selain itu, yang harus diperhatikan terkait kedisiplinan, mulai dari latihan sampai ke ajang perlombaan.

“Kedisiplinan akan menghasilkan hal yang baik. Dan semoga para atlet di Sampang ini bisa meraih prestasi lebih banyak lagi,” singkatnya. (mal/maf)

Komentar

News Feed