oleh

Menjelang Uji Kompetensi, 9 Desa di Bangkalan Belum Tetapkan Cakades

KABARMADURA.ID, BANGKALAN -Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak saat ini tinggal beberapa langkah lagi. Berdasarkan jadwal tahapan pelaksanaan uji kompetensi pada tanggal 5-7 April mendatang.

Anggota Tim Panitia Pemilihan Kepala Desa (TP2KD) Kabupaten Bangkalan Syafi’ menyampaikan, akan ada empat materi yang akan diujikan. Masing-masing yakni materi meliputi sistem pemerintahan secara umum. Materi kedua, sistem pemerintahan desa.

“Jadi kami akan lebih banyak yang berkaitan dengan pemerintahan desa. Materi terakhir terkait manajerial dan kepemimpinan,” ungkap pria yang juga menjadi penguji pada uji kompetensi dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) ini.

Menurut lelaki yang juga Wakil Dekan Hukum UTM ini menuturkan, panitia atau tim penguji untuk uji kompetensi dari pihak UTM akan menyediakan lima orang yang berkompeten dalam urusan pemerintahan desa. Selain itu, uji kompetensi ini tidak ada uji wawancara atau tatap muka.

Sejauh ini, persiapan dari UTM sendiri, Syafi mengatakan, masih menunggu hasil final verifikasi cakades di 120 desa. Sebab, masih ada 11 desa yang cakadesnya lebih dari lima orang. Penilaian uji kompetensi ini, kata dia, akan menerapkan skoring dari masing-masing materi.

“Untuk teknis penilaiannya masih belum final di kami. Nanti akan kami susun kembali usai penetapan cakades besok (hari ini, red),” jelasnya.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bangkalan Handiansyah menuturkan, terkait uji kompetensi akan dilakukan secara tertulis. Soal-soal tersebut berupa materi pemerintahan desa.

“Uji kompetensi kemungkinan dilakukan secara tertulis dengan 100 soal,” jelasnya.

Dikatakannya, dada 11 desa yang memiliki cakades lebih dari 5 pendafatar. Tiga desa di antaranya sudah menyelesaikan penetapan verifikasi cakades.

“Tinggal 9 desa yang masih belum menetapkan. Sementara itu, zona merah yang sedikit bermasalah memang ada di 9 desa itu,” tandasnya. (ina/mam)

Komentar

News Feed