Menuju Kabupaten Literasi, Hanya 6 Perpustakaan SMP Negeri yang Terakreditasi

(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) MENUJU KABUPATEN LITERASI: Dari total 34 sekolah menengah pertama (SMP) negeri, hanya 6 sekolah yang perpustakaannya terakreditasi.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan menargetkan tahun 2022 Pamekasan menjadi kabupaten literasi. Namun hingga saat ini, akreditasi perpustakaan sekolah tingkat sekolah menengah pertama (SMP) hanya 6 perpustakaan dari 34 sekolah negeri.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Pamekasan Akhmad Zaini mengutarakan, dalam menjadikan Pamekasan sebagai kabupaten literasi, indikasi utamanya bukan berasal dari akreditasi perpustakaan. Melainkan keberadaan program-program yang mendukung budaya membaca dan menulis di tengah masyarakat.

“Kabupaten literasi persiapannya sudah lama, bukan mulai tahun 2020. Persiapannya mulai tahun 2018 dan 2021 baru kami genjot,” paparnya, Senin (5/12/2021).

Bacaan Lainnya

Zaini juga mengakui, akreditasi perpustakaan tingkat SMP secara keseluruhan sulit untuk dituntaskan tahun 2021. Bahkan, pada tahun 2022, pihaknya menargetkan 30 persen SMP negeri perpustakaannya terakreditasi. Lalu, pada tahun 2024, ia menjanjikan perpustakaan tingkat SMP negeri tuntas terakreditasi.

“Tetapi kalau semua terakreditasi sulit rasanya untuk tahun 2022, kalau 30 persen masih bisa dijangkau,” tuturnya.

Tidak hanya itu, ia juga menyampaikan, pihaknya telah berkoordinasi dengan semua kepala sekolah untuk percepatan akreditasi perpustakaan sekolah sebagai sarana pendukung menuju kabupaten literasi. Namun, kendalanya yaitu belum tersedianya sumber daya manusia (SDM) pustakawan yang memadai, serta sarana dan prasarana yang tidak lengkap.

“Kami harap semua sekolah ikut berbenah, semua sekolah ikut menyiapkan diri, ikut bergerak, karena ini merupakan suatu  gerakan menjadikan Pamekasan sebagai kabupaten literasi,” tutup Zaini.

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan