oleh

Menyingkap Rahasia Masjid Al-Falah Ramai Jamaah

Kabarmadura.id-Pada tahun 1973 atau sekitar 47 tahun silam, berdirilah masjid pertama dan satu-satunya hingga saat ini di Desa Prekbun, Kecamatan Pademawu, Pamekasan. Masjid tersebut menjadi pusat peribadatan masyarakat muslim di desa terkecil itu; hanya memiliki dua dusun dengan jumlah hak pilih 350 jiwa.

Meskipun jauh dari keramaian dan tidak berada di lingkungan pondok pesantren, masjid bernama Al-Falah ini tidak pernah sepi dari jamaah. Saat salat Zuhur dan Asar, jamaah yang hadir bisa berkisar 35 orang. Lebih banyak jamaah salat Subuh yang bisa berkisar 40 orang lebih.

Sedangkan pada waktu salat Magrib, jamaah yang hadir bisa 70 orang. Seperti yang disampaikan pengasuh masjid Achmad Junaidi, ramainya masjid dengan jamaah itu berlangsung setiap hari.

“Di Masjid Al-Falah ini memang banyak jamaahnya. Seperti yang Anda lihat salat Zuhur bisa 35 orang, Asar juga bisa segitu walaupun waktunya orang kerja. Kalau Subuh, itu biasanya 40 lebih. Paling banyak kala Magrib bisa sampai 70 jamaah. Mereka tidak pulang, yang pulang saat salat Isya kembali,” ujarnya kepada Kabar Madura di teras masjid, Kamis (26/3/2020) siang.

Tidak sebatas salat jamaah yang rutin, Ketua Takmir Masjid Al-Falah Sujoto melanjutkan, setiap selesai salat jamaah biasanya membaca yasin bersama. Namun, yang paling intens biasanya setelah salat Subuh dan Magrib.

Khusus setelah salat Magrib, kata Ketua Takmir Masjid Al-Falah yang berusia 62 tahun itu, biasanya diselenggarakan kuliah subuh. Usai itu, mereka musyawarah setiap hari.

Pasca-musyawarah, jamaah yang ditugaskan untuk silaturahim bakal datang kepada warga yang dituju. Sujoto menyebutkan, biasanya silaturrahim bakal dilakukan kepada jamaah yang jarang ke masjid atau masyarakat yang tidak ke masjid.

Dan, mereka yang tidak memiliki kesibukan, juga intens setelah subuh silaturrahim kepada orang yang sedang sakit di desa tersebut.

“Kami memang hadir ke masyarakat langsung untuk bersama-sama menghidupkan masjid. Paling penting ini, untuk mengajak. Iya, kami tanya dulu kesibukannya, dan lain-lain. Memang masjid ini sederhana, tapi banyak yang mau ke masjid,” pungkasnya.

Sementara itu, program mingguan dari Takmir Masjid Al-Falah itu biasanya bersalawat setiap Ahad malam dan pengajian pada Selasa malam. (idy/nam)

Komentar

News Feed