Menyongsong 4 Abad Kota Sampang Bersama Bupati Idi

  • Bagikan
HUMAS PEMKAB SAMPANG FOR KM

KABARMADURA.ID, SAMPANG– Menyongsong 4 abad berdirinya Kabupaten Sampang bersama Bupati H. Slamet Junaidi dan Wakil Bupati Abdullah Hidayat berhasil torehkan berbagai prestasi membanggakan. Terbaru pada 18 Desember 2020 mendapatkan penghargaan kategori kabupaten sangat inovatif dalam ajang Innovative Government Award 2020 yang digelar oleh Kemendagri. (Rinciannya lihat grafis).

Momentum perayaan Hari Jadi (Harjad) Kabupaten Sampang ke- 397 menjadi sangat spesial, terlebih memasuki dua tahun masa kepemimpinan pasangan bupati dan wakil bupati dengan mengusung visi Sampang Hebat Bermartabat.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menguraikan, pondasi dalam mewujudkan Sampang Hebat Bermartabat tentunya memfokuskan pada reformasi dan birokrasi. Karena birokrasi tersebut merupakan kunci suatu daerah bisa dikategorikan maju. Sehingga di awal kepemimpinannya fokus bagaimana melakukan reformasi dan birokrasi Pemerintah Kabupaten Sampang lebih baik.

Selain itu Bupati Sampang yang akrab disapa Aba Idi tersebut menguraikan, kunci kesuksesan dalam membangun suatu daerah dilakukan birokrasi, sehingga dikatakannya melakukan evaluasi dari semua program-program organisasi perangkat daerah (OPD) dari tahun ke tahun.  Sebab dirinya tidak menginginkan suatu program yang sama dengan tahun sebelumnya.

“Bagaimana reformasi dan birokrasi itu menjadi sehat, seperti pelayanan, peningkatan IPM, kesehatan dan seluruhnya. Program-program dari semua OPD juga dilakukan evaluasi karena tidak ingin ada program yang copy paste. Dan banyak hibah yang tidak produktif, banyak hibah yang konsumtif. Padahal yang saya inginkan seluruh hibah atau program menjadi produktif. Sehingga ketika ada hibah untuk masyarakat ada timbal balik untuk pemerintah. Ini adalah salah satu cara dalam membangun Sampang yang lebih baik,” ucapanya, Selasa (22/12/2020).

Selain itu, inovasi dalam meraih prestasi dalam meningkatkan partisipasi masyarakat, dirinya menyampaikan, suatu daerah tidak bisa semerta-merta dibangun sendiri, sehingga harus bersinergi dengan para tokoh masyarakat, tokoh ulama dan semua elemen dilibatkan.

Baca juga  Jukir Nakal, Dishub Perlu Tingkatkan Pengawasan

Kemudian, karena perekonomian Sampang sangat berkurang, sehingga dirinya menginstruksikan pada semua camat termasuk kepala desa untuk menggali potensi-potensi yang ada. Sehingga ketika ada potensi wisata bisa dikelola dan dapat meningkatkan perekonomian.

Kendati demikian, Aba Idi menyampaikan, dalam bekerja harus tulus dengan hati, tidak boleh memakai nafsu agar semua program yang direncanakan tersebut bermanfaat untuk masyarakat Sampang. Selain itu, juga harus introspeksi diri sebagai masyarakat Sampang apa yang sudah diberikan kepada para leluhur yang sudah mendirikan Kabupaten Sampang.

“Saya ajak semuanya untuk bagaimana membangun Sampang secara bersama, sehingga semuanya nanti bisa dikelola bersama dalam memajukan Sampang. Jadi, kita kasih jalan, kita kasih cara dalam memajukan Sampang,” imbuhnya. (mal/mam)

 

  1. Penghargaan SAKIP dengan nilai B dari Menpan RB di Banjarmasin Penari Malate Sato’or  (6 Februari 2019).
  2. Memecahkan Rekor Muri dengan Seribu Penari (2 Mei 2019).
  3. Menerima WTP dari BPK (17 Mei 2019).
  4. Juara II Kategori Menu Balita pada Lomba Masak Ikan Tingkat Provinsi (11 Juli 2019).
  5. Penghargaan Wahana Tata Nugraha dari Presiden (15 September 2019).
  6. Piagam Perhargaan dari Gubernur Jawa Timur atas Prestasi dalam Mewujudkan Tata Kelola Transportasi (16 September 2020).
  7. Lomba Asman Toga Kategori Perkotaan se- Jawa Timur (24 September 2019).
  8. Penghargaan Visionary Leader Presentation 2020 oleh Sindo Media (17 Februari 2020).
  9. Prestasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dengan skor 3,3039 dan Status Kinerja Sangat Tinggi Berdasarkan LPPD Tahun 2018 (25 April 2020).
  10. Penghargaan Opini BPK WTP (29 Juni 2020).
  11. Penghargaan Kategori Kabupaten Sangat Inovatif dalam Ajang Innovative Government Award 2020 oleh Kemendagri (18 Desember 2020).

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan