Merger OPD di Kabupaten Sampang Masih Menunggu Hasil Koordinasi dengan KASN

  • Whatsapp
(FOTO: KM/JAMALUDDIN) MERGER: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang akan merombak struktur organisasi perangkat daerah (OPD) demi peningkatan etos kerja di masing-masing OPD.

KABARMADURA.ID, SAMPANG -Penggabungan serta penghapusan atau merger organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Sampang, mulai menjadi bahan perbincangan. Bahkan, ada rencana ketentuan itu akan direalisasikan di tahun 2021 ini. Tujuannya, sebagai stimulasi meningkatkan kinerja di setiap OPD. Hal tersebut diungkapkan, Kepala Bidang (Kabid) Mutasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Kabupaten Sampang, Arif Lukman Hidayat, Minggu (03/01/2021).

Menurutnya, salah satu OPD yang nantinya akan dihapus, Dinas Koperasi  Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (Diskumnaker). Sedangkan, bagian bidang di OPD tersebut akan dipindah ke tiga OPD. Masing-masing, ke Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Perdagangan dan Perindustrian  (Disperindag) dan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Bacaan Lainnya

“Ini dilakukan, agar ada semacam stimulasi peningkatan kinerja di semua OPD, serta efektivitas struktur organisasi (SO). Saat ini, masih tahap koordinasi dengan pihak komisi aparatur sipil Negara (KASN). Koordinasi ini, untuk membahas soal ASN yang memiliki jabatan eselon 2. Karena, ketika digabungkan dengan OPD lain harus dicarikan jabatan yang setara, secara otomatis jika digabungkan jabatan sebelumnya akan hilang,” ujarnya.

Dia menjelaskan, selain bidang-bidang di Diskumnaker akan dipindah ke tiga instansi di atas, salah satu bidang juga akan digabungkan dengan, Ketahanan Pangan dan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BP2KB) dan Dinas Kesehatan (Dinkes). Hanya saja, hingga saat ini tidak bisa dilakukan.

“Dalam waktu dekat ini akan segera terealisasi, paling tidak Januari. Karena, untuk merger OPD kami sudah menyiapkannya, dan untuk ASN nanti sebagian jadi staf, cuma kami masih konsultasi dengan KASN,” pungkasnya. (mal/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *