Mesin Cetak Dispendukcapil Sumenep Tidak Berfungsi Maksimal

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) IDENTITAS: Salah satu warga melakukan proses perekaman di MPP.

KABARMADURA.ID, SUMENEP – Mesin cetak milik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sumenep belum bisa difungsikan secara maksimal. Mesin cetak yang dibantukan terhadap sejumlah unit pelayanan terpadu (UPT) nampaknya membutuhkan aliran listrik yang stabil. Sehingga kondisi itu membuat sejumlah mesin di daerah kepulauan tidak berjalan maksimal.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sumenep Sahwan Efendi melalui Kepala bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Wahasah mengatakan, seperti tujuan awal bahwa bantuan tersebut guna memastikan kemudahan di masyarakat dalam mencetak identitas diri.

Bacaan Lainnya

“Namun jika tidak ada aliran listrik, kalau hanya pakai genset itu tidak kami izinkan untuk digunakan, bisa rusak alatnya. Kami sudah sangat pengalaman, terlalu banyak sudah yang rusak,” kata dia.

Dikatakannya, UPT yang sudah pernah menerima mesin alat cetak di antaranya di Kecamatan Ganding, Ambunten dan di kepulauan juga sudah diproyeksikan lebih awal, namun memang tidak semua daerah yang diakses itu bisa langsung melakukan rekaman, selain terkendala jaringan juga akses listrik yang kurang mendukung.

Karena untuk memberikan pelayanan yang maksimal. lanjut dia, menurutnya mesin pencetak baik Kartu Keluarga (KK) maupun Kartu Tanda Penduduk (KTP) harus dilayani di setiap kecamatan bukan UPT.

“Mungkin nanti di tahun depan hal itu dapat dilaksanakan di setiap kecamatan, karena tidak sulit untuk mendapatkan bantuan itu. Apalagi ketika musim seperti ini kan masih dilarang berkumpul, maka rencana per kecamatan bisa nyetak itu salah satu solusi,” imbuhnya.

Dia juga berharap agar pelayanan publik yang lainnya, juga bisa bersinergi agar upaya memaksimalkan pelayanan di setiap kecamatan bisa segera tercapai. Terlebih persoalan identitas diri yang selama ini terkesan diabaikan. (ara/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *