Mimpi sebagai Motivasi Meraih cita-cita

  • Whatsapp

Mimpi atau impian dalam setiap individu adalah berbeda beda. Dalam setiap impian adalah terdapat keinginan positif yang sifatnya memacu kita untuk meraih suatu hal yang indah yaitu cita cita. Impiyan merupakan motivasi dlam meraih cita cita, karena motivasi adalah suatu pendorong yang snagat mempengaruhi tercapainya suatu cita cita. Motivasi tidak akan muncul begitu saja, namun motivasi terbentuk yang bersumber dari dalam atau luar individu.

Dalam mewujudkan cita-cita tidak harus melalui lembaga pendidikan seperti sekolah, akan tetapi melalui film pun terkandung bermacam-macam pesan edukatif yang dapat digunakan sebagai alternative media pendidikan. Hal ini sejalan dengan perkembangan dunia perfilman di Indonesia yang berkembang pesat dimana mana. Sebagian besar terkandung nilai moral maupun nilai yang positif walaupun disisi lain banyak juga film yang tidak mendidik.

Melalui film pendidikan diharapkan mampu memberikan pengalaman pelajaran dan sarana belajar untuk anak anak dalam memahami nilai yang terkandung dalam film, terutama dalam film yang mengangkat tema pendidikan.

Tiga kunci sukses perjuangan meraih mimpi itu adalah:

1. Ketakutan

Takut itu hal yang wajar dirasakan semua manusia,. Bedanya pahlawan dan pemenang adalah cara mengatasi ketakutan itu, sementara para pengecut memilih lari, kunci mengatasi ketakutan dengan mengubahnya menjadi kekuatan.

2. Strategi

Perjuangan itu butuh strategi, jika ingin mencapai kemenangan secara tepat. Tanpa strategi perjuangan terasa tidak tentu arah dan justru membuat diri sendiri menjadi bingung mau dibawa kemana, strategi ini juga yang sering menajdi kunci, seberapa banyak, seberapa besar, dan seberapa cepat, tujuan atau target dalam mimpi tercapai.

3. Lewati batas diri

Mereka yang sukses dalam segala hal selalu mendorong dirinya melakukan hal lebih karena setiap orang tumbuh dalam persaingan dengan terus meningkatkan standartnya. Untuk itu, dalam perjuangan sangat penting memepelajari berbagai hal baru. Semua itu akan membuat kita semakin matang dan baik dalam menghadapi hidup, seperti kata

“ menuju tak terbatas dan melampauinya”

Meraih impian apapun itu tidak hanya mengatakan “ saya ingin sukses” atau “ saya ingin bahagia” anda wajib menggaplikasikannya secara konsisten dalam sikap dan perilaku sehari hari. Ingat hidup adalah perjuangan.

 

*) Noviatul Hasanah

Program Studi Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah

IAIN Madura

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *