oleh

Minim, Bantuan Usaha Ekonomi Produktif Hanya Sasar 31 Orang

Kabarmadura.id/Sumenep-Pengentasan kemiskinan di Kabupaten Sumenep belum maksimal. Bahkan, program Bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) minim di Kabupaten Sumenep. Hanya ada 31 orang yang mendapatkan bantuan tersebut. Nilainya masing-masing Rp1 Juta.

Kepala Bidang (Kabid) Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sumenep Moh. Zaini mangatakan, anggaran yang disiapkan untuk UEP senilai Rp31 juta. Minimnya anggaran dan kepesertaan itu disebabkan tidak adanya masyarakat yang mendaftar pada Dinsos

“Jika ada pendaftar maka akan kami layani. Namun, hal tersebut disesuaikan dengan anggaran yang ada,” katanya, Kamis (09/01/2020).

Dijelaskan, bantuan itu hanya tersebar di beberapa kecamatan, yakni Kecamatan Kota, Kalianget, Manding, Pragaan, Gapura, Lenteng dan Kecamatan Ambunten.

“Setiap tahunnya program tersebut diprogramkan,” paparnya.

Dijelaskan, Program tersebut didasarkan pada Peraturan Menteri Sosial Nomor 2 Tahun 2019 tentang Bantuan Sosial Usaha Ekonomi Produktif Kepada Kelompok Usaha Bersama Untuk Penanganan Fakir Miskin yang diteken Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita pada tanggal 6 Maret 2019 dan diundangkan dalam Berita Negara Indonesia Tahun 2019 Nomor 269 oleh Widodo Ekatjahjana, Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kemenkumhkam RI pada tanggal 12 Maret 2019 di Jakarta.

“Maka program itu menjadi salah satu kewajiban setiap tahunnya,” ujarnya.

Untuk selanjutnya, Dinas Sosial akan terus berusaha untuk mematangkan program yang bersifat nasional tersebut. Agar masyarakat miskin benar- benar merasakan manfaat program pemerintah.

“Kami terus berusaha semaksimal mungkin,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sumenep Rozah Ardhi Kautsar mengatakan, paling tidak bantuan UEP itu ada pemerataan bantuan kepada masyarakat miskin terutama yang benar-benar miskin. Harapannya, bantuan yang diberikan tepat sasaran. Sebab, bantuan itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Paling tidak Dinsos evaluasi turun ke lapangan langsung,” pintanya. (imd/pai)

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

News Feed