Minim Peserta Didik, 4 SD Di-Regrouping

  • Whatsapp
(KM/FA'IN NADOFATUL M.) ANTRI: terlihat seorang sedang menunggu di lobby kantor Dinas Pendidikan Bangkalan

Kabarmadura.id/Bangkalan-Karena peserta didik tidak memenuhi standar minimal, empat sekolah dasar (SD) yang ada di Bangkalan bakal di-regrouping. Keempatnya yakni Sekolah Dasar Negeri (SDN) Klabetan 2 Kecamatan Sepulu ke SDN Klabetan 1,  SDN Soket Dajah 2, Kecamatan Tragah ke SDN Soket Dajah 1, SDN Maneron 2 Kecamatan Sepulu ke SDN Maneron 1 dan SDN Glisgis 2 Kecamatan Modung ke SDN Glisgis 1.

Kabid Pemberdayaan SD Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan, Moh. Yakub menyampaikan, empat sekolah tersebut memang akan di-regrouping alias digabungkan dengan sekolah terdekat.

“Iya akan diregrouping sekolahnya. Tapi itu masih usulan, akan kita analisa. Setelah itu akan kita usulkan ke Bupati Bangkalan dulu apakah disepakati atau tidak,” terangnya.

Yakub menjelaskan, penutupan empat sekolah tersebut karena jumlah siswa di empat SD tersebut tidak mencapai target minimum. Di mana target minimum SD harus memiliki 60 peserta didik dari kelas 1 hingga 6. Jika proses belajar mengajar tetap dilanjutkan, menurut Yakub, maka akan berdampak kepada operasional sekolah.

“Minimal jumlah siswa di sekolah sebanyak 60 siswa. Namun rata-rata empat sekolah yang akan tutup dan diregrouping sebanyak 50 orang,” paparnya.

Oleh karena itu, ia berharap, jika ada sekolah di Bangkalan yang belum memenuhi target minumin peserta didik,  ia meminta sekolah melaporkan ke dinas terkait agar nantinya bisa di-regrouping.

“Iya semua sekolah yang emang tidak memenuhi syarat, diharapkan untuk diusulkan regrouping supaya lebih efektif dan efisien,” tukasnya. (ina/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *