Minimalisir Risiko Bencana, BPBD Jatim Gelar Simulasi Kebakaran di SMAN 1 Bangkalan

(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) PANIK: Siswa SMAN 1 Bangkalan belajar memadamkan api dan melakukan evakuasi saat terjadi kebakaran. .

KABARMADURA.ID | BANGKALAN -Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur bekerja sama dengan BPBD Bangkalan dan Satpol PP Bangkalan mengadakan simulasi kebakaran di SMAN 1 Bangkalan pada Rabu (13/10/2021).

Kepala Bidang (Kabid) Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan Satpol PP Bangkalan Rahmad Ansyori mengatakan, sehari sebelumnya para siswa telah diberikan materi pembekalan mengenai bencana, evakuasi, dan penyelamatan. Ia mengatakan, penyelenggaraan simulasi sengaja tidak diinformasikan kepada siswa.

“Karena tujuannya memang agar siswa ini siap dalam menghadapi bencana apa pun. Khususnya ketika kebakaran,” kata pria yang kerap disapa Erik, usai memberikan pelatihan.

Bacaan Lainnya

Dalam simulasi tersebut, ada 2 tim dan satu mobil pemadam kebakaran (damkar) yang dibawa ke SMAN 1 Bangkalan. “Jadi ada 4 orang petugas damkar yang kami terjunkan untuk memberikan pengarahan dan simulasi di lembaga pendidikan,” terangnya.

Simulasi tersebut, tambah Erik, simulasi tersebut bertujuan memberikan pengetahuan mengenai penanganan awal evakuasi dan penyelamatan saat terjadi kebakaran. Selain itu, untuk meminimalisir risiko yang ditimbulkan. Apalagi sebelum itu, menurut Erik, terjadi beberapa kali peristiwa kebakaran di Bangkalan.

“Siswa juga harus bisa memadamkan api yang kecil, sehingga tidak menjalar ke mana-mana ketika ada kebakaran,” terangnya.

Simulasi yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB itu merupakan  program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB). “Ini sebagai bentuk persiapan, jika terjadi apa-apa. Terutama, jika terjadi bencana baik alam maupun non-alam, siswa ini siap untuk melakukan evakuasi, minimal untuk dirinya sendiri,” pungkas Erik.

 

Reporter: Fain Nadofatul M.

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.