oleh

Minta Pemerintah Perhatikan Tanaman Pisang

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sumenep Arif Firmanto melalui Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Holtikultura Sufriadi menyampaikan, tanaman pisang diakui berpotensi besar di daerah Sumenep. Sebab, banyak pohon pisang yang dijual ke luar Madura.

“Komoditas pisang cenderung mudah tumbuh dan berkembang dengan sendirinya,” katanya, Selasa (8/10).

Dijelaskan, dalam data Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, tercatat jumlah tanaman pisang sebanyak 559.535 rumpun, dan yang diproduksi sebanyak 205.182 kwintal, serta produktifitas rata-rata 47 kilogram per pohon, dan hasil perpohon sebanyak Rp19.000 sampai dengan Rp47.000.

“Banyaknya Komoditas tanaman pisang di semua kecamatan rata-rata hampir sama besarannya,” ujarnya.

Sufriadi berjanji, saat ini dirinya berusaha bakal memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Apalagi, tanaman pisang sudah tidak bisa diragukan lagi mengenai nilai jualnya di pasaran. Yang saat ini bakal berusaha untuk melakukan pembinaan. Misalnya, memberikan bantuan bibit, memberikan pembinaan tanam yang benar dan pembinaan lainnya.

“Komoditas pisang sudah layak dam pantas diperhatikan pemerintah,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Sumenep Abdul Hamid menghimbau agar masyarakat berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan dalam rangka mempromosikan produk-produk yang dihasilkan selama ini.

“Kami minta jenis tanaman yang potensial diperhatikan pemerintah,” tegasnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyarankan agar pemerintah berkoordinasi dengan legislatif dalam kaitannya dengan komoditas pohon pisang ini. Harapannya, petani pisang bakal lebih banyak meraup untung.

“Antara masyarakat dan pemerintah harus proaktif dan saling mengisi, agar semua jenis tanaman yang berpotensi diketahui publik dan dilirik oleh kabupaten lain atau negara lain,” pungkasnya. (imd/pai)

Komentar

News Feed