oleh

Miris, Prestasi Olahraga Sumenep Nomor 3 dari Bawah

Kabarmadura.id/Sumenep-Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep mengakui, prestasi olahraga sangat memprihatinkan. Minimny prestasi ini mencakup olahraga yang berada di bawah Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) maupun Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Kepala Bidang (Kabid) Olahraga Disparbudpora Moh Iksan menjelaskan, dari total 38 kabupaten/kota yang ikut Porprov, rangking Sumenep sangat rendah, berada di urutan ketiga dari bawah.

“Wah sangat miris untuk peringkat Sumenep ini, dari 38 kabupaten/kota kami berada di urutan 36. Ini masalah yang cukup serius. Makanya kami meminta segala proses yang melancarkan kegiatan-kegiatan olahraga tahun ini harus segera dituntaskan, termasuk laporan syarat pencarian anggaraan,” katanya, kemarin.

Apalagi sebentar lagi, lanjut pria aktivis NU Sumenep itu, memasuki persiapan kompetisi kabupaten (Kokab) sebagai kompetisi seleksi untuk berlaga di tingkat provinsi. Karena kokab anggaraannya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Dari jumlah prestasi yang berhasil dikumpulkan  tahun 2019 hanya 2 perak dan 9 perunggu pada Porprov. Ia berharap tahun 2020 wajib mengumpulkan medali lebih banyak lagi, sehingga rangking 36 itu dapat terkatrol menjadi lebih baik lagi.

Sementara itu Ketua PSSI Sumenep Hairul Anwar menyampaikan yang menjadi persoalan mendasar yang dialami kompetisi olahraga adalah di bagian sarana dan prasarana, misalnya seperti keberadaan stadion untuk kompetisi liga sepakbola.

“Itu kendalanya memang, kalau soal laporan sudah siap,” paparnya. (ara/pai)

 

Komentar

News Feed