oleh

Modus Investasi, Mahasiswi di Bangkalan Tipu 10 Nasabah

KABARMADURA.ID, BANGKALAN – Mahasiswi di salah satu perguruan tinggi di Bangkalan melakukan aksi penipuan. Penipuan bermodus investasi tersebut, merugikan 10 nasabahnya hingga mencapai Rp24 juta. Perempuan berinisial ES (24) tersebut, kini telah berstatus tersangka.

Kepala Polres (Kapolres) Bangkalan AKBP Didik Hariyanto menyampaikan, tersangka bekerja sebagai account officer di PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekar Cabang Konang.

“Tersangka mencairkan sendiri dana nasabah sebanyak 10 orang dengan nama fiktif,” katanya, Selasa (1/12/2020).

Dalam aksinya, ES bekerja seorang diri. Setelah mencairkan uang tersebut, tersangka kemudian membujuk para nasabah agar uangnya diinvestasikan ke investasi bodongnya itu. Begitu uang dicairkan, digunakan untuk keperluan diri sendiri.

Barang bukti (BB) yang berhasil dikumpulkan diantaranya 2 lembar daftar nama fiktif yang diajukan untuk pencairan di PNM. Kemudian 2 lembar realisasi pencairan (LRP) dan 7 lembar tanda terima pencairan dan satu buah tas milik tersangka.

“Tersangka dijerat pasal 378 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Mahasiswi tersebut diancam hukuman selama 4 tahun penjara,” tetangnya.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Bangkalan AKP Agus Soebarnapraja menyampaikan, tersangka ini mencairkan uang nasabah sendiri dan dipakai sendiri. Selain itu, dalam pencairannya, kata dia, ada sebagian uang dari perusahaan. Oleh karena itu, tersangka terlibat dua unsur kasus pidana, yaitu penipuan dan penggelapan dana nasabah.

“Perusahaan ini semacam koperasi,” tandasnya. (ina/waw)

Komentar

News Feed