Moeldoko Puji Bupati Sampang yang Mampu Selesaikan Konflik Sosial Agama Berkepanjangan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) SINERGIS: Bupati Sampang H. Slamet Junaidi foto bersama saat menyambut kunjungan kerja Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko, S.I.P di Pendapa Trunojoyo Sampang.

KABARMADURA.ID, SAMPANG-Kunjungan Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko ke Sampang disambut baik oleh Bupati Sampang Slamet Junaidi. Dia memberi apresiasi untuk bupati Sampang karena berhasil menyelesaikan konflik sosial agama.

Menurut Moeldoko, prestasi bupati Sampang itu sangat membanggakan. Sebab, masalah itu sempat jadi polemik berkepanjangan dan akhirnya selesai dengan baik di bawah kepemimpinan Bupati Sampang Slamet Junaidi.

“Sepuluh tahun konflik itu, berkepanjangan. Namun sekarang alhamdulilah sudah selesai. Ini menjadi salah satu hal yang menarik di Sampang,” ucapnya.

Langkah yang diambil Slamet Junaidi dalam menyelesaikan masalah konflik dengan baik, ujar Moeldoko, perlu mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan.

Terlebih, bupati Sampang berhasil bersinergi dengan semua pihak. Termasuk Tajul Muluk dan pengikutnya dibaiat dan kembali ke aliran aswaja. Hal tersebut diakui, sulit dilakukan sembarang orang.

“Tahun lalu, bupati Sampang datang ke Jakarta melaporkan perkembangan penyelesaian konflik sosial agama. Terbukti laporan tersebut benar,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Moeldoko juga tetap meminta masyarakat mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Sebab, meskipun saat ini kondisinya berangsur membaik, namun wabah tersebut bisa kapan saja meledak kembali.

Kunjungan kerja Moeldoko juga disambut sejumlah pejabat teras lainnya di Sampang, seperti jajaran Forkopimda Sampang, Ketua DPRD Sampang, Fadol, Kapolres Sampang, AKBP Abdul Hafidz, Dandim 0828 Sampang, Letkol Arm Mulya Yaser Kalsum, dan sejumlah jajaran pejabat teras lainnya.

Dalam kesempatan itu, hadir juga Tajul Muluk beserta kepala Desa Bluuran, Kecamatan Karang Penang dan Kepala Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat lainnya.

Sebelumnya, Moeldoko berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum, Gersempal, Kecamatan Omben. Dia bertemu langsung dengan pengasuh KH. Syafiudin Abdul Wahid.

Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi menyampaikan terima kasih kedatangan Moeldoko. Dia mengaku, konflik sosial agama menjadi salah satu cita-citanya untuk diselesaikan saat menjadi bupati. Namun menurutnya, hal itu tidak bisa dilakukan dengan mudah.

“Kami sampaikan kepada bapak Moeldoko. Selama ini menaruh perhatian khusus selama proses rekonsiliasi dan mediasi semua pihak. Khususnya dalam penanganan konflik sosial agama,” ucapnya.

Dia menambahkan, keberhasiannya tidak hanya atas dukungan masyarakat dan semua pihak di Sampang. Namun, selama ini, Moeldoko aktif memberikan saran dan petunjuk kepada Pemerintah Sampang. Sehingga proses mediasi dan rekonsiliasi berhasil.

Reporter: Fathor Rahman

Redaktur: Wawan A. Husna

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *