oleh

Momentum Hari Kartini, Yuni Raja’e; Kesempatan Emas bagi Perempuan

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Kiprah Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Pamekasan Yuni Lailatul Fitriyah dalam organisasi tidak bisa diragukan lagi. Perempuan tangguh yang pernah menjadi aktifis HMI Pamekasan tersebut memiliki segudang prestasi dan pengalaman serta abdi sosial yang tinggi terhadap masyarakat.

Sebagai kaum perempuan yang memiliki kebebasan untuk bergelut di dunia publik, melalui momentum Hari Kartini, istri Wakil Bupati Pamekasan, Raja’e, ini mengaku selama ini dalam kegiatan-kegiatan yang diikuti tidak pernah merasa ada perbedaan gender, jenis kelamin. Sebab setiap orang dilahirkan dengan potensinya masing masing

“Perempuan dan laki-laki punya peran berbeda. Allah ciptakan begitu unik. Apalagi perempuan. Potensi yang dimiliki begitu luar biasa. Perbedaan gender tidak boleh menjadi alasan kita untuk aktif di publik,” ungkap Yuni.

Mantan ketua Persatuan Wanita Olahraga seluruh Indonesia  (Perwosi) Pamekasan dan ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) ini berharap perempuan semakin progresif serta terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial.

Sebab, organisasi tidak hanya meningkatkan kapasitas diri, tapi juga momen bagi perempuan untuk mengabdi kepada masyarakat. Apalagi dirinya sebagai wakil TP PKK Pamekasan banyak bersinggungan langsung dengan masyarakat

Selain sikapnya yang begitu bersahaja, prestisius, aktivis sosial, tak heran kemudian ia terpilih menjadi Perempuan Inspiratif 2019 dalam ajang Madura Awards. Kepribadian tersebut ia asah melalui organisasi HMI, dan bertemu dengan suaminya Raja’e yang merupakan mantan ketua Cabang HMI Pamekasan.

“Di TP PKK Pamekasan, kami fokus terhadap stunting. Melalui sosialisasi kepada masyarakat. Saya berharap bahwa generasi cerdas dilahirkan dari perempuan yang berkualitas. Generasi unggul yang bisa bersaing di ranah lokal, nasional maupun internasional, ” jelasnya.

Beberapa hal yang dilakukannya selama ini adalah mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan limbah, pemanfaatan lahan di pekarangan rumah, dan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

Hal itu dilakukan demi mengabdi diri kepada masyarakat. Terkait dengan wabah Covid-19, dia berharap masyarakat tidak panik. Dia juga meminta masyarakat mengikuti semua prosedur langkah kesehatan yang jadi imbauan pemerintah.

Dalam momentum Hari Kartini tahun ini, dia mengajak kaum perempuan lebih kreatif, partisipatif, dan memiliki cita-cita besar dalam memajukan bangsa dan negara.

“Perempuan akan melahirkan generasi untuk bangsa. Maka dari itu, peran sebagai ibu tidak bisa dilepaskan serta harus menjadi bagian dari perubahan masyarakat,” pungkasnya. (ifa/waw)

Komentar

News Feed