MTQ Jatim XXIX, Tuan Rumah Siapkan Ajang untuk Tingkatkan Ekonomi Pembatik

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) SEMUA BERPERAN: Pemkab Pamekasan merencanakan ada parade fashion batik tulis saat pembukaan MTQ Jatim XXIX.

KABARMADURA.ID;PAMEKASAN-Dalam pelaksanaan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Jatim  XXIX, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan berencana mengadakan parade khusus batik tulis. Salah satu tujuannya adalah mendongkrak pertumbuhan ekonomi para pembatik.

Menurut Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kabupaten (Setkab) Pamekasan Halifaturrahman, dalam pelaksanaan MTQ Jatim XXIX, setiap organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Pamekasan mempunyai peranannya masing-masing.

Salah satunya Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pamekasan. Tugas dan peranannya adalah mengadakan fashion show batik tulis Pamekasan saat pembukaan MTQ. Hal itu menjadi ajang promosi hasil batik tulis Pamekasan kepada perwakilan dari masing-masing kabupaten dan kota di Jawa Timur.

“Rencana kami ada fashion show batik tulis di gedung Bakorwil saat pembukaan berlangsung,” paparnya, Senin (6/10/2021).

Sedangkan di Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Pamekasan, berperan memamerkan produk unggulan UKM Pamekasan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskop UKM Pamekasan Abdul Fata mengatakan, pihaknya berencana, di setiap venue ada stand khusus berbagai produk unggulan UKM.

Produk unggulan UKM Pamekasan itu diklasifikasikan menjadi 5 item, pertama, produk UKM berbasis hasil pertanian dan perkebunan, produk UKM hasil olahan peternakan, produk UKM hasil olahan perikanan, produk UKM hasil kerajinan tangan dan jajanan kuliner khas Pamekasan.

“Kami berkomitmen untuk mensukseskan MTQ XXIX, jadi kami mencoba akan menampilkan dari berbagai hasil produk yang dihasilkan dari program Wirausaha Baru (WUB) dan dari produk UKM,” papar Fata.

Sedangkan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan (DPMPTSP Naker) Pamekasan saat ini bertugas mendata berbagai produk  pengusaha yang dilatih dari program WUB.

“Kami sudah mendata produk-produk dari WUB, sampai saat ini sudah ada 55 produk WUB, nanti kami terus didata, apabila memungkinkan untuk dipromosikan,” ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPMPTSP Naker Pamekasan Supriyanto.

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Wawan A. Husna

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *