oleh

MUFA Kantongi 18 Pemain Pertama

Kabarmadura.id-Pendaftaran pemain Madura United U16 ke pelaksana kompetisi elite Pro Liga 1 U16 sudah mulai dilakukan sejak 10 April. Mengingat pendaftaran baru akan ditutup pada 30 April mendatang, tim pelatih sebagaimana disampaikan Winedy Purwito, direktur teknik Madura United Footbal Academy, baru mendaftarkan 18 pemain dari siswa yang sudah ikut latihan sejak lusa kemarin.

Jumlah tersebut, jelas Winedy, adalah jumlah minimal untuk selanjutnya akan dilengkapi hingga 30 pemain.

“Kami sudah bisa mendapatkan gambaran untuk 18 orang pertama untuk didaftarkan. Sisanya, kami masih akan terus melakukan penyaringan dari 40 pemain yang ada saat ini siapa saja yang akan dipromosikan menggenapi 30,” jelas Winedy.

Meski  begitu, dari 18 pemain yang direkomendasikan pertama tersebut bisa saja didegredasikan jika dalam perkembangannya kurang maksimal, utamanya dalam memanfaatkan kesempatan sebagai tim utama.

“Kan masih banyak waktu untuk saling menyesuaikan dengan kebutuhan tim. Kami juga masih belum mengetahui detail, utamanya tentang kemungkinan adanya hak setiap peserta kompetisi untuk menggunakan pemain di atasnya U16 dengan jumlah tertentu. Seperti tahun lalu yang bisa menggunakan sebanyak 5 pemain U18,” ungkap Winedy.

Jika  peraturan tentang bolehnya menggunakan pemain di atas U16 dengan jumlah tertentu, pihaknya tinggal mengambil dari para pemain yang dipersiapkan untuk tim U18, utamanya pemain  U16 musim lalu yang usianya sudah melampaui U16.

“Kalau sekarang masih ada 18 nama yang masuk. Itu semua pemain-pemain yang kemarin sudah masuk tim di kompetisi Liga 1 U16. Saya lihat kualitasnya belum menurun dan masih layak untuk kemabali masuk skuad ini,” jelas Winedy.

Namun, Winedy belum bisa memberikan garansi bagi 18 pemain tersebut untuk bisa terus bertahan. Sebab, dia bisa amenggantinya dengan pemain lain saat performa di latihan menurun.

Ditambah lagi, Winedy sedang menunggu perkembanagan informasi dari hasil technical meetng yang berlangsung laly. Terutama, dia juga ingin melihat jumlah pemain joker (pemain garansi yang berusia lebih dari 16 tahun) yang bisa digunakan untuk Tim U16.

“Bisa saja, mereka diganti, kalau seiring dengan berjalananya latihan ini performanya  tidak konsisten, kami bisa menggantinya dengan yang terus menunjukkan progres gemilang. Apalagi nanti akan ada joker yang baru diketui jumlahnya setelah technical meeting ini,” sambungnya.

Namun, mantan asisten pelatih Madura United selama tiga musim itu tetap memberikan motivasi bagi pemain yang belum masuk skuad tim U16 musim lalu. Sebab, peluangnya masih besar untuk merebut slot pemain. Ditamabah lagi, kuota pemain sebanyak 30.

“Ini persaingan yang sangat sehat. Saya selalu sampaikan kepada mereka tidak ada yang istimewa di sini, siapa yang berjuang dan progresnya bagus akan menjadi bagian tim. Mereka yang jumlahnya 40 pemain memiliki peluang yang sama,” tandasnya. (idy/bri/waw)

Komentar

News Feed