MUI Serukan Salat Ied di Rumah, Wajibkan Warga Patuhi Protokol Covid-19

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) BERJARAK: Salat jamaah yang dilakukan di Masjid Agung Bangkalan terapkan physhical distancing.

Kabarmadura.id/Bangkalan– Sepekan menjelang Idulfitri 1441 Hijriah yang diperkirakan akan jatuh pada tanggak 24 Mei mendatang, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bangkalan mengimbau agar seluruh warga Bangkalan untuk tetap melaksanakan salat ied di rumah masing-masing. Hal tersebut dilakukan mengingat wabah Covid-19 masih melanda Bangkalan dan pasiennya semakin meningkat.

Tak tanggung-tanggung, Ketua MUI Bangkalan KH Syariduddin Damanhuri menyampaikan bahwa mengikuti protokol Covid-19 dari pemerintah pusat menjadi kewajiban untuk dilaksanakan. Sementara salat id hukumnya sunnah.

Bacaan Lainnya

“Itu artinya mengikuti protokol kesehatan hukumnya wajib dan ibadah itu ada wajib dan sunnah. Supaya lebih aman diharapkan kepada masyarakat Bangkalan mempertimbangkan kumpul-kumpul orang banyak seperti juga tarawih dan salat ied,” terangnya, Kamis (14/5/2020).

Masih menurut KH Syarifuddin, untuk salat ied bisa dilaksanakan di rumah masing-masing secara berjamaah dengan keluarga saja. Bahkan, ia berpesan, kepada seluruh masyarakat Bangkalan untuk tidak bersilaturahmi dengan tatap muka. Adanya wabah ini, ia meminta, agar masyarakat Bangkalan mendahulukan kewajiban dari pada hal-hal yang sunnah apalagi yang tidak sunnah.

“Hari raya kan memang sunnahnya untuk bersenang-senang. Tapi selama itu banyak mudaratnya, lebih baik jangan dilakukan. Lakukan yang wajib terlebih dahulu baru sunnahnya,” tuturnya.

Di tempat terpisah, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Bangkalan Abdul Haris menerangkan, pihaknya belum bisa memutuskan apakah salat ied berjamaah tetap dilaksanakan atau ditiadakan. Sebab, katanya, masih menunggu hasil koordinasi dengan Kemenag pusat.

“Untuk Kemenag Bangkalan masih menunggu edaran selanjutnya secara resmi, karena masih debatable. Nunggu informasi selanjutnya ya,” tutupnya. (ina/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *