oleh

Musim Hujan, Harga Cabai Capai Rp60 Ribu  

Kabarmadura.id/Bangkalan-Memasuki musim hujan, harga cabai menjolak tinggi hingga mencapai Rp60 ribu.  Kondisi cuaca yang tidak mendukung produksi diperkirakan masih menjadi kendala utama naiknya harga sejumlah komoditas, termasuk cabai.

Komoditas lain seperti sayuran dan sembako di pasar tradisional juga mengalami kenaikan.

Amina selaku penjual nasi menjadi salah seorang warga yang merasakan dampak langsung kenaikan harga cabai. Mengingat, cabai harus selalu ada untuk disajikan ke pelanggan.

“Harga cabai sekarang semakin mahal. Sekarang para pedagang cabai memasang harga cabai rata-rata  seharga Rp60 ribu,” ungkap Amina.

Sementara  itu Rokayyah, pedagang cabai  mengatakan, walaupun harga cabai itu semakin mahal, namun pelanggannya tetap berdatangan untuk membeli, khususnya pedagang nasi. namun biasanya berkurang dari 4 kilogram menjadi 3 kilogram.

Sementara itu, Kasi Distribusi Tanaman Holtikultura Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) Bangkalan Fathur Rahman mengakui harga cabai sekarang naik.

“Kejadian seperti itu sudah biasa dalam setiap tahun apalagi musim hujan seperti ini. Kami berharap semoga kebutuhan masyarakat dalam persiapan pangan bisa terpenuhi karena semakin deras hujan, para petani akan kesulitan untuk merawat pohon cabai karena bunga cabai berjatuhan,” ungkapnya.

Di tempat yang berbeda, Ahmad Yani selaku Staf Kabid Pemasaran Disperindag Bangkalan mengatakan, harga cabai mahal karena kendala pengiriman telat. Hal itu juga disebabkan faktor cuaca  sehingga stok cabai berkurang.

“Rata-rata pedagang cabai di Bangkalan memasok dari luar Madura. Otomatis  banyak cabai yang rusak sehingga harga cabai dari yang asalnya Rp40 ribu melonjak mencapai Rp60 ribu,” tutupnya. (km50/pai)

Komentar

News Feed