Mutasi Dirut RSUD Sampang Disyukuri Anggota Komisi IV DPRD Sampang

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) PENYEGARAN: Dirut RSUD Moh. Zyn Sampang digeser jadi sekretaris Dinkes Sampang.

KABARMADURA.ID, SAMPANG-Akhirnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang menyegarkan manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Moh. Zyn. Bupati Sampang, Slamet Junaidi mengganti pimpinan badan layanan umum daerah (BLUD) tersebut.

Dalam mutasi resmi sejumlah pejabat itu, salah satunya adalah Titin Hamidah yang sebelumnya menjabat sebagai direktur RSUD dr. Moh. Zyn. Perempuan yang sudah lama memimpin unit organisasi bersifat khusus (UOBK) itu, ditempatkan sebagai sekretaris di Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes dan KB) Sampang.

Bacaan Lainnya

Penyegaran itu bersamaan dengan sejumlah pejabat lain yang dilakukan di Pringgitan Pendopo Trunojoyo Sampang. Mereka digeser satu sama lain. Sehingga, menjadi komposisi baru di tahun 2021 ini.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKPSDM Sampang, Arif Lukman Hidayat membenarkan ada perubahan pimpinan di BLUD RSUD dr. Moh. Zyn Sampang. Titin Hamidah diganti oleh dr. Agus Ahmadi yang berasal dari Surabaya. Keputusan itu dilakukan berdasarkan kajian dan diputuskan oleh Bupati Slamet Junaidi.

“Kami lakukan pelantikan sesuai keputusan bupati. Jika dinilai perlu adanya perubahan di BLUD dr. Moh. Zyn,” katanya.

Pengangkatan dr. Agus Ahmadi sebagai direktur juga diklaim tidak asal-asalan. Berbagai kelebihan dan kekurangan sudah dikaji. Terutama soal pengalamannya dalam manajerial pelayanan rumah sakit. Selain itu, pengangkatannya juga diatur di Perbup Nomor 19 Tahun 2021.

Afif juga mengungkapkan, pengalaman direktur yang baru itu, salah satunya pernah menjabat sebagai direktur di Rumah Sakit PHC Surabaya.

“Bu Titin dipindah ke Dinkes, sekretaris Dinkes dan KB, Asrul Sani dipindah menjadi sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Sampang. Semoga ini menjadi komposisi baru yang hebat,” ulas Arif.

Anggota Komisi IV DPRD Sampang, Moh. Iqbal Fathoni mengaku sangat mendukung dengan keputusan bupati. Sebab menurutnya, sesuai sarannya sebelumnya, sudah waktunya ada perubahan manajemen. Sehingga ada perubahan signifikan di rumah sakit milik pemerintah daerah tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Slamet Junaidi atas pergantian ini,” ucap Iqbal Fatoni yang juga berharap direktur yang baru mengedepankan pelayanan yang baik kepada masyarakat, agar menumbuhkan kembali kepercayaan masyarakat kepada rumah sakit.

Dikatakan pula, selama ini kepercayaan masyarakat kepada RSUD dr Moh. Zyn sangat lemah. Terbukti banyak masyarakat yang memilih ke kabupaten lain untuk berobat. Sehingga hal ini menjadi pekerjaan rumah untuk direktur baru. Termasuk banyaknya oknum medis yang tidak ramah kepada pasien.

“Kami tidak butuh rumah sakit dengan berbagai opini prestasi. Tapi kenyataannya tidak sesuai dengan akreditasinya. Yang paling penting adalah rumah sakit yang dinilai berubah lebih baik dari mulut ke mulut masyarakat. Sehingga, rumah sakit mendapatkan kepercayaan kembali,” pungkas Iqbal Fathoni.

Sedangkan mantan Direktur RSUD dr. Moh. Zyn Sampang, Titin Hamidah mengaku pergantian itu sudah biasa dalam pemerintahan sebagai penyegaran.

“Semoga di kepemimpinan yang baru ini semoga rumah sakit semakin maju, ” singkatnya. (man/waw)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *