Napak Tilas ke Panembahan Ronggosukowati, DPC Partai Demokrat Pamekasan Belajar Sejarah Pendirian Pamekasan


Napak Tilas ke Panembahan Ronggosukowati, DPC Partai Demokrat Pamekasan Belajar Sejarah Pendirian Pamekasan
(KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) MENGENANG PERJUANGAN TOKOH: Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrat Pamekasan melakukan napak tilas dan ngaji sejarah di panembahan Raja Pamekasan Ronggosukowati, Kamis (8/9/2022).

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrat Pamekasan, menggelar ngaji sejarah ke Panembahan Raja Ronggosukowati Kamis (8/9/2022).

            Kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Partai Demokrat itu, menjadi catatan pertama dalam sejarah partai politik (parpol) yang melakukan napak tilas ke panembahan raja Islam pertama Bumi Pamelingan itu.

            Dalam kegiatan tersebut, DPC Partai Demokrat Pamekasan tidak hanya mengajak seluruh kader partai untuk bermunajat di panembahan Ronggosukowati. Para elit partai juga mendatangkan keturunan ke-11 Ronggosukowati, yakni RP KH Thoriq Sya'rani, untuk memberikan pemahaman tentang sejarah Ronggosukowati kepada seluruh elemen partai.

            Ketua DPC Demokrat Pamekasan Ismail mengatakan, kegiatan ngaji sejarah yang diawali dengan pembacaan surat Yasin dan tahlil bersama, bertujuan untuk mengetahui sejarah perjuangan para pendiri Bumi Pamelingan.

            Dirinya mengungkapkan, mengetahui sejarah merupakan hal penting bagi kader dan pengurus Partai Demokrat, agar semangat perjuangan yang diusung oleh partai berlambang bintang mercy itu, bisa sejalan dengan semangat perjuangan para pendiri bangsa.

            "Alhamdulillah, pada kesempatan kali ini kami bisa menghadirkan keturunan raja Ronggosukowati Pamekasan yang ke 11. Semoga apa yang disampaikan beliau bisa memberikan hikmah dan tambahan ilmu pengetahuan tentang sejarah Kabupaten Pamekasan," terangnya usai kegiatan.

            Sementara itu, RP KH Thoriq Sya’roni mengatakan, sebagai salah satu keturunan Raja Ronggosukowati, pihaknya memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas inisiatif DPC Partai Demokrat Pamekasan, yang menjadikan ziarah dan ngaji sejarah ke Panembahan Ronggosukowati dalam rangkaian kegiatan HUT ke-21 Partai Demokrat.

            Menurutnya, sejauh ini belum ada satupun partai politik (parpol) secara kelembagaan melakukan napak tilas dan ngaji sejarah ke panembahan raja Islam pertama di Pamekasan itu. 

            Padahal, terang Thoriq, ngaji sejarah para pendahulu Pamekasan, sangat penting dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat. Bahkan lintas generasi di Kabupaten Pamekasan, perlu diberikan pemahaman tambahan tentang silsilah Pamekasan, sebagai bekal dalam meneruskan kepemimpinan.

            "Satu-satunya partai di Pamekasan yang ingat kepada leluhurnya hanya Partai Demokrat, mudah-mudahan Partai Demokrat lebih bagus dan lebih maju kedepannya," ungkapnya.

Reporter: Miftahul Arifin

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky