Ngaku Ulama Sampang, Kantongi Uang Korban Via Transfer

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN ) WASPADA: Penipuan berkedok ulama Sampang, mulai memakan korban dengan meminta transferan juta uang kepada korban. 

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Modus penipuan mengatasnamakan ulama di Sampang mulai memakan korban. Sasarannya, tenaga kerja indonesia (TKI) di Malaysia. Pelaku yang mengaku seorang ulama berinisial KH, meminta uang via transfer sebesar Rp3 juta. Lantaran percaya, akhirnya korban atas nama Teuku Faslun yang sedang bekerja di Malaysia berhasil dikelabui.

Namun, setelah ditelusuri ternyata ada unsur penipuan yang dilakukan oleh pelaku. Sehingga, keluarga korban sempat melaporkan kasus itu ke Diskrimsus Cyber Polda Jawa Timur (Jatim). Namun, laporan itu diarahkan ke Mapolres Sampang untuk ditindaklanjuti. Sehingga, kasus ditangani polres dan dilaporkan kembali oleh keluarga korban. 

“Jadi pelaku ini memakai nama ulama di Sampang. Karena, saudara saya ini sering mengirimkan uang ke saya untuk diberikan kepada gurunya di Sampang. Apalagi, kalau urusan membantu kiai dan ulama saudara saya ini tidak terlalu banyak berfikir, makanya langsung percaya,” ujar Amiruddin, Rabu (30/6/2021).

Dia mengungkapkan, korban dari ulah pelaku tidak hanya satu orang. Namun, salah satu rekannya atas nama Sahrudin juga menjadi korban penipuan yang dilakukan oleh pelaku.  Korban yang bekerja di Surabaya diminta transfer uang sebesar Rp10 juta. Pelaku memakai nomor telepon yang sama. Namun rekening yang diberikan berbeda. 

“Kami berharap kasus ini terungkap dan pelakunya ditangkap. Karena tidak menutup kemungkinan ada kasus lain yang dilakukan. Termasuk adanya korban lain,” ucapnya. 

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Sampang AKP Sudaryanto saat dikonfirmasi berjani, akan menindaklanjuti jika ada kepastian lokasi pelaku penipuan. Namun, sebelum melangkah terlebih dulu akan mempelajari lebih mendalam penipuan yang dilakukan oleh pelaku. “Kami masih nunggu surat dari Kapolres. Nama yang menerima transfer sudah kami kantongi tinggal alamatnya nanti langsung ke Bank,” responnya. (man/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *