oleh

Niat Ibadah, Suyuti Dipercaya Kelola Infaq Masjid Agung sejak SMA

Kabarmadura.id/SUMENEP-Di usianya yang memasuki 68 tahun, pria bernama Suyuti ini masih menjadi panutan dan kepercayaan takmir Masjid Agung Sumenep. Dia menjadi pengendali keuangan sebagai bendahara masjid paling besar dan bersejarah di Sumenep tersebut.

Usianya yang tergolong sepuh, bukan halangan untuk beraktivitas setiap harinya. Selain beribadah, setiap harinya Suyuti harus memastikan bahwa kotak amal dalam posisi aman. Tentunya, setiap Jumat, juga harus menghitung hasil infaq, melaporkan hasil dan penggunaannya.

Tanggung jawabnya sebagai bendahara Masjid Agung Sumenep dia lakukan tanpa digaji bulanan. Setiap pekan memang ada uang pengganti transportaso dengan angka paling besar Rp150 ribu.

Namun, menilik tugasnya yang memastikan keamanan barang-barang di masjid dan  penggunaan energy seperti listrik dan air agar tidak boros, termasuk pengelolaan keuangan yang harus efektif untuk kesejahteraan masjid, tidak akan sebanding dengan uang yang diterimanya itu.

Kecintaannya untuk menjaga dan mensejaterakan masjid, diakui Suyuti, dilakukan semenjak lulus SMA. Dia mengawalinya dengan tekun mencatat setiap rupiah yang masuk dan dibelanjakan untuk masjid.

“Waktu itu, tidak ada harapan ada imbalan dengan adanya pengganti transport, karena niatnya adalah ibadah,” ulas Suyuti.

Tak heran, Suyuti selalu menekankan pengurus lainnya yang lebih muda agar dalam mengurus masjid harus memiliki jiwa kerelawanan dan jangan pernah berfikir untuk mendapatkan sesuatu, melainkan berupaya untuk memberi.

Hasil infaq Masjid Agung Sumenep, menurut Suyutni, setiap pekan mencapai Rp8 hingga Rp10 juta. Dana tersebut, semuanya digunakan untuk operasional dan perawatan masjid.

Keseharian Suyuti bukan hanya beraktivtas di Masjid Agung, kegiatan keagamaan juga digembleng dengan mengadakan koloman dengan persatuan pengurus masjid di Sumenep.

“Jadi, masalah kegiatan boleh dikatakan sangat luar biasa bagaimana tidak setiap ada acara kebesaran islam pasti hadir begitupun kegiatan di masjid,” pungkasnya. (imd/waw)

 

 

 

 

Komentar

News Feed