Nihil Libur Bagi Tenaga Medis

  • Whatsapp
KM/DOK-JANGAN MANJA: Libur lebaran bukan menjadi jatah bagi tenaga medis yang bekerja melayani kesehatan masyarakat.

Kabarmadura.id/SUMENEP-Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep instruksikan kepada bawahannya bahwa pada saat cuti bersama tidak ada libur dalam pelayanan kesehatan, baik di polindes, puskesmas dan rumah sakit.

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Sumenep Fatoni bahwa tidak ada hari libur bagi pegawai atau perawat, puskesmas dan rumah sakit dalam melayani kesehatan masyarakat.

“Pelayanan kesehatan di puskesmas dan rumah sakit tidak pernah libur. Petugas tetap masuk seperti biasa selama libur lebaran,” katanya, Selasa (28/5)

Kesehatan merupakan kebutuhan, sehingga masa kerja pegawai kesehatan tetap akan dibutuhkan oleh masyarakat.

Sehingga Fatoni selaku kepala dinas mengharap kepada para pegawai atau tenaga medis yang ada, agar senantiasa mengoptimalkan kinerja yaitu dengan memaksimalkan pelayanan untuk masyarakat.

“Tapi ini merupakan tanggung jawab moral bagi masyarakat. Kami harapkan para tenaga medis tetap memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” imbuhnya.

Kendati demikian Ia mengaku tidak menpunyai hak mutlak untuk melarang atau menindak bahkan memberikan sanksi kepada tenaga medis yang memaksa tidak masuk, disebabkan berbagai alasan. Karena aturannya nemang untuk hari raya semua tenaga medis diliburkan. Baik yang sudah PNS maupun masih belum.

“Kalau ada petugas medis yang nekat tidak masuk sesuai jadwal di masing-masing Puskesmas dengan alasan mudik, pihaknya mengaku tidak bisa memberikan sanksi. Sebab, sesuai aturan pada saat lebaran PNS memang libur kerja,” pungkasnya.

Sedang menurut Ketua Komisi IV DPRD Sumenep Subaidi, untuk masa kerja di hari cuti bersama ini, pusat pelayanan masyarakat tidak perlu dihimbau lagi, apakah harus libur atau masuk. Sebab, sejak awal sudah tahu bahwa tenaga medis itu beda dengan pegawai lainnya. Meski Minggu, lanjutnya, haruanya tenaga medis tetap melayani.

“Tidak perlu himbauan lagi, karena hari Minggu saja mereka tidak libur, lagian mereka bukan anak-anak tidak perlu dihimbau lagi,” kataya (km48/rei)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *