Nilai Bukan Jaminan Jabat Kepala OPD di Pamekasan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/Khoyrul Umam Syarif) SELEKSI: Keputusan penuh Jabatan Pimpinan Tertinggi (JPT) Pratama berada di bawah kuasa Bupati Pamekasan Baddrut Tamam.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Tingginya hasil tes uji kompetensi dari seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di Pamekasan, tidak menjamin memperoleh tiket mulus menjadi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di tujuh instansi. Sebab, berdasar regulasi keputusan terpenuh dalam memilih kepala merupakan wewenang dari bupati selaku pejabat pembina kepegawaian.

Kepala Sub Bidang (Kasubid) Pengembangan Karir dan Promosi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pamekasan Syaifur mengatakan, setelah dilaksanakan uji kompetensi yang diikuti oleh 24 orang pelamar di tujuh JPT Pratama, hasil penilaiannya masih akan disetorkan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Sebab harus dievaluasi. Sehingga sampai saat ini untuk nilai masih belum diinformasikan. “Kami harus melaporkan setelah selesai tahapan seleksi ke KASN sampai nanti bisa diketahui tiga besar dari hasil seleksi terbuka,” ujarnya, Minggu (12/12/2021).

Dia menjelaskan, dari hasil seleksi JPT Pratama tidak lantas menjadi nilai penuh dalam menjadikan peserta yang tertinggi sebagai kepala OPD. Akan tetapi, keputusan terakhirnya berdasar atas pertimbangan orang nomor satu di daerah dengan slogan Bumi Ratu Pamelingan.

Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Permenpan RB) nomor 11 tahun 2019, dan juga tertuang di Peraturan Pemerintah (PP) nomor 11 tahun 2017.

“Jadi tahapan seleksi ini sampai muncul 3 tahapan teratas, selanjutnya dilaporkan ke KASN, dan Bupati nantinya bisa melakukan pelantikan, dengan memilih salah satu diantara 3 itu,” jelasnya.

Sementara ini, untuk tahapan dari seleksi JPT Pratama sudah penentuan nilai dari 24 peserta yang sudah mengikuti Uji Kompetensi. Sehingga nantinya, tersisa 20 orang yang akan diverifikasi oleh KASN.

Reporter Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Totok Iswanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *