oleh

Nominal BLT DD Dikurangi Jadi Rp300 Ribu

Kabarmadura.id/Bangkalan-Pengurangan jatah Dana Desa (DD) di Bangkalan, Madura, untuk penanganan Covid-19, berdampak pada pengurangan Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD tahap 3 tahun 2020.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bangkalan Ahmad Ahadiyan mengatakan, ada penguraangan BLT tahap 3 bulan keempat, yang awalnya Rp600 ribu berubah menjadi Rp300 ribu.

Pria yang biasa disapa Dhiet ini mengatakan, untuk jumlah penerima BLT DD bisa saja berubah. Karena pada masa adaptasi baru, orang yang sebelumnya tidak punya pekerjaan, saat ini bisa saja punya pekerjaan.

“Misalnya yang awalnya tidak punya pekerjaan, sekarang punya pekerjaan kan sudah mulai masa adaptasi baru. Yang sebelumnya miskin atau sakit sebelumnya tidak terdata itu bisa didata kembali, maka dari itu jumlahnya bisa berkurang dan bertambah juga,” terangnya.

Sementara itu, Kasi Bidang Pemberdayaan Pembangunan dan Keuangan Desa DPMD) Bangkalan Arlyan Tri Haikal mengatakan, perubahan itu berdampak pada revisi peraturan bupati. Hasil revisi itu, saat ini masih tahap pengajuan gubernur Jawa Timur untuk dilakukan evaluasi.

“Masih ada perubahan perbup untuk penetapan pagu dan ini masih di provinsi untuk dievaluasi gubernur, jadi masih nunggu perubahan itu,” katanya.

Dalam pencairan DD BLT tahap ketiga ini, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh desa. Desa harus melaksanakan musyawarah desa (musdes) untuk menentukan orang-orang yang akan didata kembali untuk penerima BLT DD.

“Itu kan memang dari Kemendes, tapi desa perlu melakukan musyawarah desa, kan ada orang yang sebelumnya tidak bekerja dan akhirnya bekerja lagi,” pungkasnya. (02km/waw)

Komentar

News Feed