oleh

Ny Nikmah, Petani yang Sukses Didik Anak

KABARMADURA.ID, Sumenep – Muhri Zein, adalah sosok pemuda fenomenal di Sumenep. Pria yang saat ini menjabat sebagai Ketua Fraksi PKB DPRD Sumenep dan juga Ketua PC GP Ansor Sumenep lahir dari keluarga petani. Diakuinya, apa dicapainya saat ini, tidak lepas dari peran dan didikan ibunya, Ny. Nikmah yang baru saja meninggal.

Mengenang sosoknya, Muhri mengungkapkan bahwa didikan dari ibunya adalah didikan yang tidak hingga kini tertanam dalam sikap hidupnya. Diakuinya, Ibunya adalah sosok Ibu yang baik dermawan, rajin beribadah, disiplin merupakan merupakan kebiasaan nyai nikmah.

Muhri, mengaku sempat bertanya kenapa setiap hari kelahiran dirinya selalu berpuasa. Ternyata, jelas Muhri, itu adalah bagian dari doa agar dirinya menjadi  laki-laki yang bertanggungjawab dan tangguh.

Secara pendidikan, Ny Nikmah hanya lulus Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Al-hidayah Desa Bragung Kecamatan Guluk Guluk. Tetapi, dalam mendidik anaknya cukup luar biasa.

“Saya menjadi saksi, bahwa ibuku adalah orang yang selalu mendidik anak hingga menjadi saat ini,” ujar Muhri

Mengajari disiplin tidak hanya untuk urusan formal seperti sekolah. Tetapi,  jelas Muhri, juga pada aktivitas sehari-hari. Seperti bangun pagi, mengembalikan mainan ke tempat usai bermain hingga pengaturan jam tidur malam

Kenyataan saat ini tentu menjadi kemudahan tersendiri. Sebab, biasanya anak sudah patuh pada jam jam tertentu ia harus melakukan apa. Sementara bagi orang tua lain, mungkin masih merasa kesulitan mengenai cara yang tepat membuat anak berperilaku disiplin.

“Setiap anak yang sukses pasti dididik dengan baik dari sejak kecil,” ujar dia.

Diketahui, menerapkan disiplin pada anak berkaitan dengan menguatkan ikatan antara orang tua dan anak. Disiplin sendiri juga harus bisa dipandang adil oleh anak, sehingga ketika menerapkannya, anak tidak didasari oleh keterpaksaan.

Muhri mengatakan, kebiasaan ibunya dalam setiap harinya, tidak henti membaca al qur’an dan salat malam juga tidak dilupakan. “Mendoakan sesama terlebih anak emasnya,” tuturnya. (mam/bri)

Komentar

News Feed