oleh

Nyamannya Warga Pamekasan dalam Pelayanan Kesehatan

PCC dan Mobil Sigap; Solusi Bukan Mimpi!

Kabarmadura.id/Pamekasan-Pelayanan kesehatan terhadap warga Pamekasan dipastikan makin mudah dan nyaman. Bahkan, mereka mendapatkan layanan antarjemput untuk melakukan perawatan secara gratis.

Secara teknis, warga yang sakit bisa langsung berkonsultasi untuk rencana penanganan kesehatan. Yakni, dengan cara menelepon Petugas Pamekasan Call Care (PCC). Petugas akan langsung menanganinya.

Jika warga Pamekasan dalam penanganan penyakitnya harus dirujuk ke pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) atau layanan fasilitas kesehatan lainnya, baik ke bidan terdekat maupun ke rumah sakit umum daerah (RSUD), maka petugas PCC akan menyambungkan kepada penanggung jawab Mobil Sigap (Siaga, Tanggap, Peduli) di desa setempat.

Ya, Mobil Sigap adalah layanan antarjemput warga Pamekasan yang sakit, kini sudah bisa dinikmati. Bupati Baddrut secara resmi telah meluncurkan program pada 20 Mei 2020. Ruang operasional PCC berada di kompleks Pendopo Ronggosukowati Pamekasan. Sementara mobil sehat dan sigap sudah didistribusikan.

Meski distribusi mobil dilaksanakan secara bertahap, 189 desa/kelurahan  dipastikan bakal mendapatkan mobil tersebut. Sehingga, pelayanan kesehatan  terhadap warga makin mudah dan cepat.

“Hal ini merupakan usaha. Ikhtiar ini juga menggunakan indikator dan manajemen, yakni tim kontrol. Mobil ini juga akan segera dipasang global positioning system (GPS) agar bisa terlacak. Kemudian ada supir dan tim penerima telepon yang nantinya juga mendapatkan edukasi,” ujar Bupati Baddrut Tamam.

Lebih lanjut, Bupati Baddrut menjelaskan, program prioritas di Pamekasan memiliki turunan yang cukup beraneka ragam. Pertama, mengenai birokrasi dan reformasi turunannya berupa MPP. Meski di awal berdirinya bangunan tersebut banyak menuai kesan tidak sedap, tapi kini kalangan masyarakat mulai merasakan manfaatnya. (ito/nam)

Komentar

News Feed