Objek Wisata di Sampang Wajib Sediakan Aplikasi Pedulilindungi

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) BERSYARAT: Tempat wisata di Kabupaten Sampang terancam ditutup kembali jika terbukti melanggar persyaratan operasi.

KABARMADURA.ID | SAMPANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, resmi membuka operasi tempat wisata dengan bersyarat. Salah satunya, di lokasi hiburan harus menyiapkan aplikasi Pedulilindungi. Tujuannya, untuk mengecek setiap pengunjung. Terutama, mengenai vaksinasi. Dengan demikian, bisa dipastikan semua pengunjung aman dan sudah divaksin.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Sampang Marnilam mengaku, mulai membuka tempat wisata. Sebab situasi mulai membaik. Yakni dengan dasar di daerah dengan slogan Kota Bahari  sudah level 1 dalam penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Covid -19.

“Karena situasi membaik dan sudah level 1, maka kami buka semua tempat wisata. Namun ada beberapa kewajiban yang harus dipenuhi oleh pengusaha wisata,” ujarnya, Selasa (26/10/2021).

Menurutnya, pembukaan bersyarat sesuai dengan aturan sebagai bentuk kehati-hatian. Setiap pengunjung wajib mematuhi protokol Covid-19. Diantaranya, memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak. Sementara pemilik usaha wisata, wajib menyiapkan sarana. Sesuai ketentuan, lokasi wisata harus dilengkapi dengan aplikasi Pedulilindungi.

Dengan alat itu, akan terdeteksi jika masih ada pengunjung yang belum melakukan vaksin. Sehingga pihak wisata harus memintanya untuk pulang. Pihaknya menghimbau kepada pemilik wisata, terutama yang paling banyak dikunjungi harus aktif mengaktifkan aplikasi. Sebab pengunjung lebih banyak datang setiap hari.

“Khususnya di hari libur. Jika ada tempat wisata yang tidak mematuhi persyaratan, akan kami tutup lagi. Karena ini sudah menjadi aturan,” tegasnya.

Meski disadari, penerapan aplikasi Pedulilindungi tidak akan maksimal. Sebab pengunjung wisata, tidak semuanya menggunakan handphone android. Apalagi aplikasi itu berkaitan dengan android pengunjung. Namun sudah memberikan pengarahan kepada pemilik usaha wisata, jika aplikasi tidak maksimal.

“Maka harus selektif untuk menerima pengunjung. Sehingga tidak memunculkan klaster baru di Sampang. Paling ramai di Sampang adalah Pantai Camplong dan Lon-Malang. Kami harapkan aplikasi aktif di dua tempat ini,” jelasnya.

Wisata Paling Ramai Dikunjungi

  • Pantai Camplong
  • Pantai Lon-Malang

Reporter : Fathor Rahman

Redaktur: Totok Iswanto

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *