Oktober, Museum Pusaka Ditarget Selesai

  • Whatsapp

Kabarmadura.id – Eks kantor Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep yang hendak dijadikan museum pusaka tengah dikerjakan. Anggaran proyek tersebut sebesar Rp200 juta dari APBD setempat.

Gedung peninggalan sejarah di Bumi Sumekar itu akan menjadi tempat berbagai pusaka di Sumenep. “Saat ini dalam proses pekerjaan untuk dijadikan gedung pusaka. Anggarannya dari APBD Sumenep sekitar rp200 juta,” ungkap Kepala Disparbudpora Sumenep Sufiyanto

Bangunan tersebut merupakan situs cagar budaya. Sehingga renovasi bangunan tersebut tidak mengubah bentuk aslinya.

“Rencananya di lantai dua. Kami akan jadikan museum pusaka. Diantara fungsinya, selain berisi berbagai pusaka berupa keris dan lainnya, juga akan menjadi tempat transaksi keris produksi para empu yang ada di Sumenep sendiri,” ungkapnya.

Pasalnya, selain dijadikan gedung pusaka, berdasarkan perintah dari Kementerian Pariwisata, gedung tersebut juga sebagian akan dijadikann rumah spa keraton Sumenep. Sebab Sumenep masuk 10 spa nasional.

Untuk peresmian gedung pusaka itu sendiri, mantan kabag Humas Pemkab Sumenep itu memaparkan, rencananya akan dilakukan pada bulan Oktober, yakni ketika kegiatan Festival Keraton se Asia dan Masyarakat Adat Asea (FKMA). Sementara pihaknya menarget, pekerjaan selesai pertengahan Oktober.

“Sesuai rencana, peremiannya ketika kegiatan FKMA berlangsung di sumenep. Mudah-mudahan tidak ada kendala apapun dan semuanya sesuai rencana,” harapnya. (ong/rei)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *