OPD Pamekasan Resmi Dipangkas dari 22 Jadi 19 Unit

  • Bagikan
(FOTO: KM/ IST) DIGABUNG: Ketua DPRD Pamekasan Fathorrahman saat menyerahkan berkas Perda SOTK kepada Bupati Pamekasan Baddut Tamam.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN – Jumlah organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Pamekasan resmi dirampingkan. Perampingan itu dilakukansetelah disahkannya Peraturan Daerah (Perda) PamekasanTentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK).

Pengesahan dilakukan dalam sidang paripurna oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan di gedung DPRD Pamekasan, Senin (14/12/2020).

OPD yang sebelumnya berjumlah 22, kini dirampingkan menjadi 19 unit. Perampingan tersebut dilakukan dengan meleburDinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) dalam Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan digabung dengan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distan PHP). Dinas Pendidikan (Disdik) digabung dengan Dinas Kebudayaan. Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) dengan Dinas Pariwisata.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengatakan, perampingan tersebut sebagai bentuk komitmennya dalam upaya mempercepat langkahnya dalam merealisasikan sejumlah program prioritasnya.

“Ini berhubungan nomenkelatur yang harus kita laksanakan, sehingga merampingkan OPD itu menjadi kewajiban,” ucapnya.

Di tempat yang samaWakil Ketua DPRD Pamekasan Syafiuddin mengatakan, penyederhanaan struktur itu diharapkan dapat memacu kinerja lembaga eksekutif agar lebih produktif dan efektif. Namun yang terpenting, menurutnya, bagaimana sejumlah OPD yang dipimpin oleh pelaksana tugas (Plt) bisa segera terisi.

Selain itu, adanya perampingan tersebut dapat mempermudah pengawasan, karena lebih sederhana. Sehingga pihaknya bisa lebih fokus dalam melakukan pengawasan. Pihaknyajuga  berharap pemerintah segera melakukan eksekusi nyata terhadap struktur yang baru.

“Kita lebih sederhana melakukan koordinasi dengan dinas terkait, dari pada banyak tapi kurang efektif,” ujarnya. (ali/waw)

Baca juga  Bela HRS, Sebagian Ulama Sampang Titip Surat lewat Polres
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan