Optimalkan Kinerja, Bupati Pamekasan Wajibkan OPD Teken Kontrak

(FOTO: KM/Khoyrul Umam Syarif) INOVATIF: Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan kepala OPD melakukan kontrak kinerja untuk memastikan program tahun 2022 tuntas sesuai target program prioritasnya.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Untuk mendorong kerja tuntas para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) teken kontrak kinerja dengan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam usai apel pagi di Lapangan Nagara Bhakti Pendopo Agung Ronggosukowati, Pamekasan, Kamis (17/2/2022).

Bupati yang biasa disapa Mas Tamam itu menyampaikan, adanya kontrak kinerja dengan kepala OPD sebagai perwujudan dalam mempercepat kemajuan Pamekasan. Strategi  itu dipilih dalam rangka kerja tuntas sesuai dengan perencanaan yang telah jadi komitmen setiap kepala OPD.

“Kontrak kinerja ini sebagai komitmen diri antara seluruh ASN di pemerintah kabupaten, seluruh kegiatan di tahun 2022 itu dikontrakkinerjakan, baru di kalimat akhirnya, jika saya tidak mampu atau gagal menjalan kontrak kinerja, akan mengundurkan diri menjadi staf, jadi yang meminta mengundurkan diri itu bukan saya, tapi dirinya sendiri,” paparnya saat memberi sambutan.

Bacaan Lainnya

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut menegaskan, reward dan punishment untuk keberhasilan kontrak kinerja yang sudah dikomitmenkan berlaku, untuk menghargai kesungguhan abdi negara dalam mengusahakan target realisasi programnya, kendati deadline kerja dari setiap program sangat berbeda di antara OPD satu dengan yang lainnya.

“Kalau tidak kerja ekstra di kondisi yang seperti ini, kita tidak bisa maksimal, kondisi perang berperilaku tidak perang tidak bisa, itulah kenapa kita bekerja dengan model kontrak kinerja, sehingga harapannya pada perubahan anggaran tahun ini sudah bisa mencapai 80 sampai 90 persen dari semua program,” lanjut Mas Tamam.

Isi kontrak kinerja itu berdasar pada program prioritas tertuang dalam dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pamekasan, antara lain program Anak Cerdas dan Pintar (Acar), Kesehatan Gratis (SEHATI), Desa Cerdas dan Mandiri (Desa Cermad),  Infrastruktur Jalan dan Jembatan (Rujak Corek), 10 ribu WUB dan Pengusaha Baru (Sapu Tangan Biru), Petani, Nelayan Sejahtera dan Gembira (Tanean Lanjeng), Perizinan dan Administrasi Kependudukan Cepat Berbasis IT (Jidulasis) Desa Cerdas dan Mandiri (Desa Cermad), Satu Truk Tangki Air dan Jaringan Air Minum (Strungking Desa).

“Bagaimana dari program yang penting ini bisa bekerja bersama-sama, makanya bagi orang yang berpikir negatif, mesti begini bahasanya, ayo nih buat gagal kepala dinas, bisa bisa ganti posisinya, bagi yang berpikir positif, kita malu dong harus sukses bareng-bareng,” urainya.

Reporter: Moh. Mahrus Soleh

Redaktur: Wawan A. Husna

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.