oleh

Optimalkan Pembuatan KIA, Dispendukcapil Rencanakan Kerjasama dengan Bidang Pendidikan

KABARMADURA.ID, SAMPANG -Hingga saat ini, program pembuatan kartu identitas anak (KIA) di Kabupaten Sampang belum optimal. Salah satu upaya yang akan dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) yakni bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik).

Baik Disdik Provinsi, Kementrian Agama (Kemenag) maupun Disdik di daerah. Hanya saja, untuk merealisasikan rencana tersebut masih terganjal mewabahnya Covid-19. Sebab, pembuatan KIA harus dilakukan dengan mengagendakan terjun langsung ke setiap sekolah. Hal tersebut diungkapkan, Pelaksana harian (Plh) Dispendukcapil Sampang, Edi Subianto, Senin (15/3/2021).

“Rencana kami memang bekerja sama dengan cabang Disdik Provinsi, Disdik Kabupaten dan Kemnag, cuma masih tahap koordinasi,” ujarnya.

Diakui, pembuatan KIA dari tahun ke tahun tidak maksimal. Pada  tahun 2019 lalu hingga  2021 ini hanya 29.567 yang tercetak. Jumlah tersebut tidak sebanding dengan jumlah penduduk di bawah umur 17 tahun. Berdadarkan data per  Desember tahun 2020 kemarin, mencapai 264.415 jiwa.

Sehingga, melalui rencana kerjasama itu mampu mengoptimalkan pembauatan KIA. Hanya saja, pihaknya tidak bisa memastikan realisasi kerjasama tersebut terlaksana. “Untuk memaksimalkan KIA ini, kami akan terus melakukan inovasi, karena identitas itu penting,” ucapnya.

Kendati demikian, sebagai upaya untuk memaksimalkan pembuatan KIA, secara bersamaan direncanakan akan dilakukan pembuatan akta untuk anak dibawah umur 17 tahun. Dengan pembuatan akte tersebut, nantinya secara otomatis memperoleh KIA.

“Saya harap, masyarakat paham akan pentingnya identitas, terlebih KIA yang isinya lebih lengkap dari kartu tanda penduduk (KTP),” jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Disdik Sampang, Nor Alam mengaku  hingga saat ini kerja sama untuk pembuatan KIA belum ada koordinasi dengan dinas terkait. Hanya saja, pernah membahas dengan cabang Disdik Provinsi. Bahkan, pihaknya bersedia jika hal tersebut berdampak positif.

“Belum ada komunikasi, tetapi kalau kami dibutuhkan dan dampaknya positif kami bersedia,” responnya singkat. (mal/ito)

Data Dispendukcapil Kabupaten Sampang

  • Jumlah Penduduk di Bawah Umur 17 Tahun Mencapai 264.415 jiwa
  • Dari Tahun 2019 hingga 2021 Hanya 567 KIA Tercetak
  • Sebanyak 234.848 Jiwa Belum Memiliki KIA

Upaya Dispendukcapil Kabupaten Sampang

  • Akan Bekerjsama dengan Instansi Pendidikan
  • Cabang Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi
  • Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten
  • Kementrian Agama (Kemenag)
  • Akan Mencetak KIA Secara Bersamaan dengan Pembuatan Akta Kelahiran

 

Komentar

News Feed