oleh

Oviyatul Saputri, Bendahara Umum HMJ Teknik UNIBA Madura yang Kuliah Sambil Kerja

Kabarmadura.id/Sumenep-Mahasiswi Universitas Bahaudin Mudhary (UNIBA) Madura Oviyatul Saputra tidak sebatas sibuk di bangku kuliah. Akan tetapi, dia juga sambil bekerja. Kedai Gado-gado Suroboyo di Sumenep jadi tempat dia memeras keringat.

SYAHID MUJTAHIDY, SUMENEP

Kendati kuliah sambil kerja, mahasiswi asal Jalan Slamet Riyadi Pabian, Sumenep itu tidak merasa waktu belajarnya terganggu. Sebab, dia bisa membagi waktu dengan baik.

Selain itu, perempuan kelahiran 4 Januari 2000 ini mengaku, dengan kuliah sambil bekerja bisa meringankan beban keluarganya. Lantaran, dia bisa mengenyam pendidikan dengan biaya sendiri. Menurutnya, gaji yang diterima setiap bulan sebesar Rp800 ribu.

Akan tetapi, kondisi genting Covid-19 ini, mengharuskannya mengambil resiko mengalami penurunan gaji, yakni menjadi Rp600 ribu.

Beruntung, alumnus Sekolah Menengah Atas Nahdatul Ulama (SMANU) Sumenep itu sudah tidak perlu membayar biaya sendiri. Itu tidak terlepas dirinya sudah mendapatkan beasiswa dari Arsinum UNIBA Madura.

“Ya, kalau gaji saya buat nyicil uang kuliah, tapi itu sebelum saya mendapatkan beasiswa. Alhamdulillah, saya sekarang sudah mendapatkan beasiswa dari Arsinum UNIBA,” ceritanya kepada Kabar Madura, Senin (27/7/2020) siang.

Di samping itu, mahasiswi Jurusan Teknik Industri Maritim tersebut menceritakan, gajinya juga digunakan untuk kebutuhan keluarganya. Serta, dia juga pergunakan untuk membeli paket internet.

Selain bekerja di Kedai Gado-Gado Suroboyo itu, dia juga membantu pekerjaan orang tuanya yang menjual pentol dan aneka macam minuman sepulang kerja. Dia juga yang ikut membantu membuat pentolnya.

“Jual Pop Ice sama pentol. Saya bantu jualan sama buat pentolnya sepulang dari kerja di Gado-Gado. Malau nggak ada kerjaan di rumah, saya yang jaga dagangan,” lanjutnya.

Sibuk kuliah sambil kerja tidak menyurutkan Ovi untuk terjun ke dalam organisasi kemahasiswaan. Pasalnya, dia juga aktif sebagai Bendahara Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknik UNIBA Madura periode sekarang. (idy/nam)

Komentar

News Feed