oleh

PAD Olahraga Tidak Sebanding Biaya Pemeliharaan

Kabarmadura.id/Sampang-Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari hasil retribusi sarana prasarana (sarpras) olahraga, yang dikelola oleh Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Sampang, tahun 2019 melampaui target. Sayang, PAD itu tidak sebanding dengan biaya pemeliharaan yang dikeluarkan untuk sarpras olahraga itu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disporabudpar Sampang Imam Sanusi mengungkapkan, PAD retribusi sarpras olahraga tembus Rp239 juta. Perolehan tersebut diakui sudah melampaui target yang ditetapkan, senilai Rp215 juta.

Dirinya menjelaskan, pencapaian PAD tidak hanya dari hasil sewa lapangan, baik lapangan tenis outdoor, tenis indoor, bulutangkis indoor, basket, volly, lapangan wijaya kusuma dan lapangan futsal. Tetapi juga sudah termasuk pendapatan dari sektor parkir di sejumlah tempat wisata.

Kendati demikian, pihaknya mengakui jika capaian PAD itu tidak sebanding dengan biaya pemeliharaan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Sebab, biaya pemeliharaan cukup besar, sekitar Rp150 juta per tahun.

“Jadi PAD ini hampir 60 persen hanya cukup untuk pemeliharaan,” ungkapnya, Kamis (9/1/2020).

Dirinya menjelaskan,  besar dan kecilnya PAD sarpras olahraga itu, ditentukan dari jumlah penyewa, tempat olahraga. Namun tempat itu hanya disewa manakala ada event tertentu, sedangkan untuk kegiatan latihan dan pembinaan rutin para atlet tidak disewakan.

“Yang jelas tidak semua yang memanfaatkan lapangan ini harus bayar, hanya kegiatan tertentu saja,” dalihnya.

Sambung dia, anggaran pemeliharaan sarpras olahraga tersebut digunakan untuk memperbaiki sejumlah sarana, menambah fasilitas olahraga dan honor petugas kebersihan. Tujuannya untuk menjaga kondisi sarpras olahraga agar tetap baik dan terawat, sehingga bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat dan usia lebih lama.

“Pendapatan sarpras olahraga ini tidak harus sesuai target, karena seyokyanya, pemerintah ini tidak hanya berorientasi pada private oriented, akan tetapi penekanannya pada pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya. (sub/pin)

 

Komentar

News Feed