Pagu Dana Desa Hanya Naik Rp600 Juta, Akan Terdapat Desa Terima DD Lebih Kecil

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) ALOKASI MENINGKAT: Setiap desa rata-rata mendapatkan tambahan dana desa meski sebagian menurun

KABARMADURA.ID, SAMPANG  – Tahun ini pagu Dana Desa (DD) di Kabupaten Sampang secara keseluruhan mengalami peningkatan. Namun, kenaikan itu tidak signifikan sesuai dengan perhitungan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendesa PDTTRI).

Informasi yang dirangkum Kabar Madura, tahun lalu pagu DD untuk 180 desa di Sampang sebesar Rp. 231.242. 401. 000. Tahun ini pagu meningkat menjadi 231.888.794.000. Sehingga mengalami peningkatan sebesar Rp. 646.393.000.

Bacaan Lainnya

Kenaikan anggaran dari pemerintah pusat tersebut tidak dialami oleh setiap desa. Sebab, tahun ini sejumlah desa mendapatkan alokasi DD lebih banyak dari tahun lalu. Sementara beberapa desa lainnya mengalami penurunan dibandingkan Sebelumnya.

Kasi Perencanaan Pembangunan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sampang, Moh Rudy Susanto saat dikonfirmasi membenarkan adanya kenaikan tersebut. Diakui, jika setiap tahun dana desa terus meningkat. Namun, tahun ini ada perhitungan berbeda soal kenaikan anggaran.

“Terjadi kenaikan. Tapi tidak terlalu signifikan. Anggaran tahun ini merupakan hasil perhitungan dari kementerian,” ucapnya.

Dia menjelaskan, secara kasat mata pagu dana desa bertambah. Tapi menurutnya, penambahan tersebut tidak merata setiap desa. Sebab sebagian desa saja yang mendapatkan alokasi anggaran yang lebih banyak. Sementara sejumlah desa juga mengalami penurunan.

“Memang secara keseluruhan naik lagunya. Tapi untuk tahun ini, berdasarkan perhitungan dari kementerian malah berbanding terbalik. Sebab ada yang naik dan ada yang turun,” ucapnya.

Rudy Susanto menjelaskan, adanya perubahan alokasi DD setiap desa akibat tidak adanya alokasi afirmasi. Sehingga berdampak pada pertumbuhan dana desa. Sementara tahun lalu, setiap desa mendapatkan alokasi afirmasi yang mendongkrak pagu secara merata.

Anggota Komisi I DPRD Sampang Aulia Rahman meminta realisasi dana desa tidak main-main. Sehingga anggaran dari pemerintah pusat tersebut dirasakan langsung oleh masyarakat. “Kami berharap setiap desa mengelola dana desa dengan baik,” katanya. (man/bri)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *