oleh

Pagu DBHCHT untuk Sampang Tembus Rp25,8 M

Kabarmadura.id/Sampang-Pagu bantuan Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) di Kabupaten Sampang, mengalami peningkatan signifikan dari tahun sebelumnya. Tercatat, DBHCHT di Kota Bahari tahun 2020 sebesar Rp25,8 miliar, atau naik sekitar Rp8 miliar dari tahun sebelumnya.

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sampang Umi Hanik Laila mengatakan, penentuan pagu tersebut sepenuhnya menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim), yang ditentukan melalui beberapa indikator sesuai regulasi yang ada.

Pihaknya mengaku hanya sebatas menerima bantuan dan dibagi ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sampang, meliputi dinas pertanian, dinas kesehatan, bagian perekonomian, disperindagprin dan lain sebagainya.

“Bantuan ini semuanya diserahkan ke OPD pelaksananya,” ucap Umi Hanik kepada Kabar Madura, Rabu (8/1/2020).

Dirinya menjelaskan, proses penetapan pagu DBHCHT melalui tahapan rekonsiliasi dengan pemerintah provinsi. Pasalnya, bantuan DBHCHT bersifat khusus untuk membiayai kegiatan tertentu.

Adapun salah satu tujuan bantuan tersebut, untuk mengembalikan dan mengembangkan citra dan kualitas tembakau asli Madura, karena beberapa tahun terakhir kualitas tembakau khas pulau garam itu mengalami penurunan yang signifikan.

“Semoga bisa dimanfaatkan secara maksimal, sehingga masyarakat Sampang bisa hidup lebih sejahtera,” harapnya. (sub/pin)

 

Komentar

News Feed