oleh

Pakde Karwo: Sosok Guru Nomor Dua Setelah Ortu

Kabarmadura.id – Gelaran Gari Guru Nasional (HGN), HUT PGRI ke-73, dan Hari Aksara Internasional ke-53 yang dihelat di Sumenep dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Sabtu (17/11).

Kegiatan yang digelar di Stadion A Yani Sumenep itu dihadiri oleh 55 ribu guru se-Jawa Timur tersebut berlangsung sukses. Hadir pula pada kegiatan itu Bupati Sumenep A Busyro Karim.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengaku, dirinya sengaja hadir untuk ikut serta memperingati HGN, HUT PGRI dan Hari Aksara Internaional yang dinilai sangat penting untuk diperingati.

Dengan mengadakan peringatan, kata Pakde Karwo, akan membangkitkan kembali para guru untuk terus mendidik anak bangsa, serta memompa semangat untuk terus menekan angka buta aksara.

Gubernur dua periode itu mengatakan, jika sosok dan peran guru sangat penting di tengah-tengah masyarakat guna mendidik para generasi penerus.

“Peranan guru sangat penting setelah orangtua (ortu). Jadi yang pertama itu ortu dan yang kedua adalah guru,” tuturnya yang sangat antusias menyambut kegiatan tersebut di Sumenep.

Saat ini, lanjut Pakde Karwo, sangat penting bagi seorang guru mempunyai kemampuan pengetahuan teknologi.

“Kemudian, guru harus punya modal sosial, spritual, sopan santun, etika dan kebudayaan. Hal itu akan menyaring lajunya teknologi yang saat ini berkembang pesat,” ungkap politisi Demokrat itu.

Sementara itu, Bupati Sumenep A Busyro Karim menyampaikan banyak terima kasih, karena orang nomor satu di Jawa Timur bersama seluruh rombongan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur sudah berkenan hadir di kegiatan yang dilangsungkan di Sumenep.

Orang nomor satu di Sumenep itu bercerita tentang luasnya Sumenep yang teridiri dari 126 pulau. Hal itu tentunya menjadi tantangan luar biasa bagi guru untuk melaksanakan tugasnya.

“Misalnya, ketika seorang guru yang bertugas di kepulauan, untuk sampai ke sekolah butuh perjuangan yang luar biasa,” katanya.

Oleh karenanya, apresiasi luar biasa patut diberikan kepada para guru, utamanya yang bertugas di wilayah kepulauan, serta di daerah terpencil. (ong/nam)

Komentar

News Feed