oleh

Pamekasan Berhasil RealisasikanDAK Pendidikan Tercepat se-Jawa Timur

KABARMADURA.ID, Pamekasan -Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan Akhmad Zaini berharap, realisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan APBD Pamekasan 2020 sebesar Rp16,2 miliar, bisa menunjang bertambahnya kualitas pendidikan.

Sebab, cita-citanya adalah tidakada satupun dari masyarakat Pamekasan yang tidak mengenyam pendidikan setinggi-tingginya.

Menurut Zaini, pencapaian realisasi DAK tahun 2020 Pamekasan merupakan tercepat se- Jawa Tmur,termasuk pengerjaannya yang dilakukan secara profesianal.Karena yang akan mendorong terciptanya mutu pendidikan yang baik.

“Ukuran kualitas dari pendidikan itu, mutu sarana prasarana, mutu pendidik dan tenaga pendidikan, dan kemudahan akses pendidikan,”ungkapnya, Rabu (4/11/2020).

Zaini berkomitmen untuk membawa pendidikan di Pamekasan semakin berdaya saing, sehingga ikut andilnya para orang tua atau masyarakat, sangat dibutuhkan untuk memeberi arahan yang eduktif kepada para siswa dan siswi.

“Pembangunan dari DAK ini merupakan support dari sarana dan prasarana, Kalau sarana dan prasarananya bermutu maka pendidikan akan semakin bagus, artinya standar minimal sarpras terpenuhi,”ulasnya.

Dipaparkannya, pendidik sangat menjadi salah satu kunci untuk suksesnya penyelenggaraan pendidikan.Sehingga dalam prosesnya, perlu adanya penekanan yang efektif untuk mencapai berbagai standar yang menjadi acuan, yang diantaranya: standar kurikulum, standar pembelajaran, selain itu para pendidik harus melakukan inovasi.

“Inovasi itu melahirkan prestasi, karenya butuh dukungan dari masyarakat, stabilitas internal,”pungkasnya.

Untuk diketahui; dari anggaran DAK senilai Rp12,3 miliar, dialokasikan untuk pembangunan fisik, yang meliputi rehab ruang belajar, laboratorium IPA,laboratorium komputer, ruang guru, rehab jamban, dan pembangunan laboratorium IPA, laboratorium komputer, perpustakaan dan jamban.

Sedangkan untuk pembangunan nonfisik sebesar Rp3,4 miliar khusus untuk pembelian alat laboratorium IPA, alat laboratorium komputer, alat olah raga, dan alat kesenian. (rul/waw)

  1. Pemanfaatan DAK Prasarana Bidang SMP

– Rehab ruang kelas = 37 ruang kelas

– rehab laboratorium IPA = 4 ruang

– rehab perpustakaan = 4 ruang

– PembangunanRKB = 3 ruang untuk 2 sekolah

– PembangunanPerpustakaan = 3 unit

– PembangunanLab. IPA = 3 unit

– PembangunanLab. Komputer = 3 unit

– PembangunanJamban siswa = 8 paket untuk 7 sekolah

  1. Pekerjaan prasarana: 37 pekerjaan
  2. Penerima prasarana: 26 sekolah
  3. Per hari ini progres sudah mencapai 65%

 

Komentar

News Feed