oleh

Pamekasan Miliki 4 Rumah Potong Hewan Tidak Layak

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN-Terdapat 7 rumah potong hewan (RPH) yang dinaungi Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pamekasan. Dari jumlah tersebut, hanya ada 3 yang masuk kategori layak untuk melakukan pemotongan secara profesional. Legislatif mendesak eksekutif untuk secepatnya berbenah dalam mengembangkan RPH yang sudah ada. Itu mengingat dari 13 kecamatan belum sepenuhnya memiliki RPH.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pamekasan Ajib Abdullah, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembibitan Pakan dan Produksi Indah Kurnia Sulistiorani menegaskan, untuk ketujuh lokasi RPH itu meliputi RPH Pakong, RPH Pamekasan, RPH Pegantenan, RPH Banyupelle, RPH Palengaan, RPH Waru, dan RPH Proppo. Yang masuk kategori layak hanya RPH Pamekasan, RPH Pakong dan RPH Waru. Sebab, dari sisi fasilitas sudah memenuhi standar pemotongan hewan, sehingga disebut RPH kategori layak.

“Kami terus perbaiki layanan dari setiap RPH dalam hal ini penambahan fasilitas. Misalnya di RPH Pakong; untuk merobohkan sapi tidak manual lagi, sudah menggunakan alat khusus. Dari sisi sumber daya manusia (SDM)-nya yang berhubungan langsung dengan penyembelihan, juga kian mumpuni,”paparnya. Kamis (18/3/2021).

Selama kurun waktu 2 tahun terakhir, tidak ada perbaikan RPH. Sebab, terkena refocusing anggaran untuk menangani Covid-19. Setiap pemotongan hewan ditarik retribusi sebesar Rp15.000 untuk setiap kali pemotongan hewan, sehingga bisa berkontribusi terhadap pendapatan asli daerah (PAD).

“Tahun kemarin dan tahun sekarang tidak bisa melakukan perbaikan. Sebab, terkena refocusing. Mudah-mudahan tahun depan bisa menganggarkan kembali,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Gerindra Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Rida’i, mendesak pengelolaan RPH bisa lebih dikembangkan. Sebab, hal itu akan sangat membantu terhadap PAD. Bisa juga agar segera mencarikan solusi untuk bisa mendampingi para pelaku usaha tempat pemotongan hewan secara ilegal, agar bisa dicarikan payung hukum yang jelas. (rul/nam)

Status Kelayakan RPH di Kabupaten Pamekasan

Layak Tidak Layak
RPH Pamekasan RPH Pegantenan
RPH Pakong RPH Banyupelle
RPH Waru RPH Palengaan
  RPH Proppo
   

 

Komentar

News Feed